×

blog/power-window-mobilmu-sering-macet-lakukan-beberapa-hal-ini

Power Window Mobilmu Sering Macet? Lakukan Beberapa Hal Ini!

25 Agu 2020

Power Window merupakan salah satu komponen penting pada mobil, yang secara fungsinya adalah untuk menaik-turunkan kaca jendela pada bagian pengemudi, penumpang depan, dan juga belakang.

Apabila power window ini mengalami masalah, tentu saja akan membuat pengemudi dan penumpang merasa tidak nyaman. Bagaimana tidak, karena kaca jendela pada mobil akan dinaikkan atau diturunkan secara manual dengan tangan. Bayangkan jika harus membayar parkir, bayar tol, dan lain sebagainya dengan power window yang rusak, agak merepotkan bukan?

Nah, apabila power window pada mobilmu pernah mengalami hal seperti ini dan sampai macet ketika akan diturunkan atau dinaikkan, maka tidak ada salahnya untuk menyimak tips berikut ini, agar ketika terjadi masalah bisa kamu atasi sendiri.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para pemilik mobil dalam mengatasi power window yang bermasalah sebelum membawanya ke bengkel spesialis.

 

1. Bersihkan List Karet Pada Jendela 

Sebaiknya kamu rutin membuka ataupun menutup kaca jendela, seraya membersihkan list karetnya. Perawatan list karet di kaca mobil ini cukup mudah. Kamu hanya perlu sering menyemprotkannya dengan cairan pelumas silicon glaze agar membuat karet tetap lentur dan tidak mudah kesat atau mengeras hingga berujung karetnya getas.

Apabila kaca mobil jarang dibuka, maka partikel debu yang ada di dalam list karet berpotensi menumpuk dan menghambat laju kaca saat dibuka atau ditutup.

Efeknya, motor power window harus bekerja lebih keras dan berpotensi rusak seiring waktu. Jadi disarankan untuk selalu rajin membuka kaca jendela, jangan sampai membiarkan dalam kurun waktu yang cukup lama. 

 

Baca juga : Cara Membersihkan dan Mencegah Jamur di Kaca Mobil

 

2. Kenali Gejala Awalnya

Power window yang bermasalah biasanya menunjukan gejala awal, seperti bunyi pada motor power window, pergerakan kaca yang naik dan turun secara kasar, dan sebagainya.

Nah, jika kamu sudah mengalami gejala seperti ini, sebaiknya kamu perlu membuka doortrim mobilmu untuk mengecek debu yang menempel yang menghalangi laju kaca jendela mobil, atau juga untuk mengecek motor power window mobilmu.

 

3. Cek Saklar Power Window dan Kelistrikan Mobilmu

Untuk hal ini memang tidak bisa dilakukan semua orang. Kamu harus mengerti dahulu cara kerja saklar dan kelistrikan mobilmu, karena bagaimanapun yang menggerakkan power windowmu adalah kelistrikan yang mengalir dari aki mobilmu.

Oleh sebab itu, jika memang kamu melihat masalah power windowmu terletak pada saklar ataupun masalah kelistrikan mobil, maka sudah seharusnya kamu membawa mobilmu ke bengkel langgananmu untuk diperbaiki.

Nah, kalau kamu sudah bosan dengan mobil lama yang sering rusak dan berminat untuk beli mobil, langsung saja cek unit mobil bekas berkualitas di mobil88. Sekarang ini kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu enggak perlu repot datang ke showroom. Cukup dari rumah saja, tinggal akses ke mobil88 e-store lalu pilih deh mobil mana yang kamu incar. 

Sekarang ini, mobil88 memiliki program COD (Car On Delivery), yang mana Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive dari rumah aja, karena staff mobil88 yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program COD, silahkan kunjungi : Cek dan Test Drive Mobil Idaman Kamu #DariRumahAja Tanpa DP, Free Delivery Dengan COD mobil88

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan