blog/proses-pembakaran-pada-mesin-mobil

Proses Pembakaran pada Mesin Mobil

28 Mei 2019

Prinsip utama pada proses pembakaran mesin adalah jika ada sejumlah energi, seperti bensin, maka akan terjadi proses pembakaran dan energi tersebut akan dilepaskan. Energi itulah yang akan menggerakkan mesin.

Berikut ini beberapa hal terkait proses pembakaran :


- Posisi piston siap bekerja. Katup terbuka. Piston bergerak ke bawah sehingga mesin pada silinder dipenuhi oleh udara dan bahan bakar. Piston kemudian bergerak untuk melakukan proses compress pada kombinasi udara dan bahan bakar. Proses kompresi inilah yang menghasilkan ledakan energi.

- Ketika piston mencapai proses puncak gesekan, maka busi memancarkan percikan api, kemudian terjadilah proses pembakaran bahan bakar. Proses ini menimbulkan lontaran energi pada silinder.

- Ketika piston melakukan proses gesekan, maka katup pada sistem pembuangan akan terbuka. Hasil pembuangan tersebut akan keluar melalui knalpot.

- Mesin telah siap untuk berfungsi secara terus menerus setelah melalui berbagai proses pembakaran tersebut.


Emisi pada Proses Pembakaran

Untuk mengurangi emisi (gas buang) pada mesin mobil modern, proses pembakaran bahan bakar dikendalikan dengan rasio ideal antara udara dan bahan bakar.

Dengan rasio tersebut, proses pembakaran bahan bakar berlangsung sempurna dengan sokongan oksigen di udara. Rasio ideal tersebut adalah 14,7 :1. Kombinasi bahan bakar ini akan bervariasi tergantung cara berkendara atau lintasan yang dilewati.
Berikut ini beberapa emisi pada mesin mobil :

- Nitrogen : Udara terdiri dari 78% gas nitrogen dan sebagian besar gas tersebut melewati mesin mobil.

- Karbondioksida : Zat ini dihasilkan dari proses pembakaran. Emisi dari karbondioksida ini merupakan zat yang berperan penting terhadap terjadinya pemanasan global.

Semua emisi yang dihasilkan mesin mobil dapat tereduksi oleh catalytic converter. Komponen catalytic converter ini akan mereduksi zat-zat berbahaya, seperti karbonmonoksida (zat yang tidak berbau dan tidak berwarna), hidrokarbon, dan nitrogen oksida.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan