×

blog/sebelum-nekat-terobos-banjir-pelajari-dulu-tekniknya

Sebelum Nekat Terobos Banjir, Pelajari Dulu Tekniknya!

14 Okt 2020

Beberapa hari belakangan ini hujan deras sudah terjadi di beberapa kota di Indonesia, termasuk Jabodetabek. Akibatnya tentu beberapa titik menjadi banjir akibat guyuran hujan deras ini. Nah, memang sebisa mungkin jika terjadi banjir disarankan untuk tidak memaksa melewatinya dan memilih mencari jalur alternatif lain.

Tentunya ketika terpaksa menerobos banjir akan ada risiko bagi mobil kesayangan kamu ya. Tapi jika memang tidak ada pilihan untuk menerobos banjir, ada baiknya kamu perhatikan teknik melewati banjir berikut ini.

 

Perhatikan Mobil Lain Yang Menerobos Banjir

Yabg  pertama harus kamu lakukan adalah perhatikan mobil lain yang menerobos banjir terlebih dulu. Ini penting supaya kamu bisa tahu seberapa dalam genangan air di jalan yang ingin kamu lewati itu. Biarkan orang lain lewat dan lihat jenis mobilnya serta pelajari kontur jalan dari mobil yang jalan terlebih dulu tersebut. Kalau mobil tadi berhasil melintasi banjir dan mobilnya sejenis dengan mobilmu maka kamu bisa mengikuti cara mobil tersebut. 

 

Baca juga : Mengenal Apa itu ECU Mobil dan Fungsinya

 

Perkirakan Tinggi Genangan Air

Selain itu, kamu juga harus melihat seberapa tinggi genangan air yang ada di depan. Kalau ketinggiannya masih separuh dari tingg ban, maka kamu masih bisa untuk melewatinya. Tapi kalau lebih tinggi sebaiknya dihindari, karena semakin tinggi air maka akan semakin besar risiko untuk mesin mobil kemasukan air dari intake atau saluran udara.

 

Ukur Gelombang Air Yang Sedang Terjadi

Perhatikan juga gelombang air yang timbul karena ada kendaraan lain yang juga melintasinya. Adanya gelombang air ini dipastikan akan membuat tinggi air menjadi naik turun dan berisiko untuk masuk ke dalam saluran udara mobil lebih besar lagi.

 

Baca juga : Tips Mengenali Mobil Bekas Banjir

 

Jika air sudah masuk ke saluran udara maka bukan hanya membuat mobil jadi mogok, tapi menyebabkan water hammer dan dipastikan kondisi komponen di dalam mesin jadi berantakan. Tentunya untuk memperbaikinya butuh biaya yang besar. Belum lagi kondisi interior mobil yang juga ikut kemasukan air. 

Nah, kalau sudah begitu sebaiknya kamu mencari mobil lain untuk menggantikan mobil yang rusak akibat menerobos banjir. Kalau dananya terbatas, solusi terbaik adalah mencari mobil bekas tapi yang punya keuntungan banyak, seperti di mobil88. 

Sekarang ini beli mobil bekas di mobil88 sudah menerapkan sistem online yang akan memudahkan kamu dalam mencari mobil idamanmu. Apalagi melalui mobil88 e-store, kamu bisa bertanya seputar mobil dengan ahlinya melalui fitur Live Chat. 

Apapun persoalan yang kamu bingung, seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu atau juga mobil mana yang unitnya dalam kondisi terbaik, dan bagaimana proses pembayaran di mobil88, semua ini bisa kamu tanyakan langsung melalui Live Chat ini. 

Tunggu apalagi, cek sekarang di www.mobil88.astra.co.id, atau download juga aplikasinya di Google Playstore maupun Apple Appstore!

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan