×

blog/sejarah-fakta-dan-harga-daihatsu-sirion-bekas-di-mobil88

Sejarah, Fakta, dan Harga Daihatsu Sirion Bekas di mobil88

26 Jun 2020

Bagi kamu pecinta mobil hatchback, nama Daihatsu Sirion mungkin bukanlah nama yang baru kamu dengar. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri sudah sejak 2007 menghadirkan mobil perkotaan ini di Indonesia, mengingat saat itu pasar mobil hatchback cukup ramai peminat.

Saat itu, Daihatsu Sirion di Tanah Air langsung bersaing dengan rival sekelasnya seperti Suzuki Baleno, Honda Jazz , Toyota Yaris dan lainnya. Daihatsu sendiri membekali Sirion dengan fitur yang lebih banyak untuk mobil di kelasnya dan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Indonesia ini diimpor utuh dari Malaysia dengan basis dari Perodua Myvi yang diganti logo dan lambangnya, tentunya dengan menyesuaikan spesifikasi fiturnya untuk pasar Indonesia. Perodua sendiri merupakan pabrikan mobil terbesar di Malaysia, di mana Daihatsu menjadi salah satu pemegang sahamnya.

 

Generasi Pertama (2007-2011)

Seperti yang sudah kita ketahui, ADM pertama kali memasarkan Sirion di Indonesia pada 2007 silam. Berbagi platform dengan Perodua Myvi, Daihatsu Sirion ini hadir dua tahun setelah Myvi hadir di Negeri Jiran pada 2005. Di Tanah Air, Sirion awalnya diposisikan untuk menggantikan Daihatsu Ceria sebagai mobil mungil untuk perkotaan.

Sirion Generasi pertama ini juga diimpor utuh alias CBU dari Malaysia oleh ADM. Mesinnya pun sama persis dengan mesin Daihatsu Xenia generasi awal, yaitu K3-VE berkapasitas 1.300 cc dengan tenaga maksimal 87 PS pada 6.000 rpm dan torsi 116 Nm pada 4.400 rpm. Untuk sistem transmisi sendiri ada dua pilihan, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Desain Sirion generasi awal ini memang terlihat lebih membulat dengan fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Namun untuk tipe tertentu sudah diaplikasikan dengan body kit lengkap agar lebih sporty. Berselang dua tahun sejak peluncurannya, ADM pun menyegarkan tampilan Sirion ini dengan revisi pada tampilan luar di tahun 2009 tepatnya di bagian gril, bentuk lampu, ubahan lekukan bumper, serta penambahan beberapa fitur.

 

Generasi Kedua (2011-2015)

Daihatsu akhirnya menghadirkan generasi kedua dari Sirion ini pada 2011, tepatnya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Generasi penerus city car ini juga masih diimpor langsung dari Malaysia. Secara tampilan luar memang terlihat masih mirip dengan pendahulunya, meskipun ada beberapa perubahan pada bagian gril, bumper, lampu dan kap mesin serta lingkar velg yang sudah 16 inci. 

Desain lampu belakang juga berubah menjadi vertikal, sementara lampu depannya sudah mengusung fitur lampu proyektor menjadi yang pertama di segmennya. Sementara di bagian kabin, terlihat berbeda karena mendapat revisi desain pada penempatan knob AC yang vertikal, lalu tuas transmisi otomatisnya berpindah posisi dari tengah ke bagian dasbor.

Untuk sektor mesin tidak berubah, masih mengandalkan mesin 1.300 cc yang sama. Begitu pun pada sektor pemindah tenaga, masih ada dua pilihan yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Pada 2015, ADM kembali melakukan penyegaran dengan Sirion Facelift. Paling beda adalah desain luarnya yang tampil lebih sporty berkat adanya gril besar, body kit lengkap, lampu stoplamp LED, dan tentunya headlamp sudah mengusung proyektor. Sirion generasi kedua ini juga mulai sering digunakan di ajang balap slalom.

 

Generasi Ketiga (2018-Sekarang)

Berselang tiga tahun sejak generasi kedua, Daihatsu menghadirkan Sirion generasi ketiga untuk pasar Indonesia. Pada generasi paling baru ini, Sirion hampir terlihat seperti sebuah mobil baru, karena semua serba baru dari eksterior dan interior. Pada tampilannya, kini lampu depan dan belakang sudah mengusung teknologi LED.

Tak hanya dari sisi luar, tapi untuk fiturnya pun semakin canggih. Daihatsu sudah memberikan shark fin antena, kemudian untuk penyapu air di kaca sudah menggunakan sensor kecepatan dan wiper belakang bisa menyala otomatis ketika dipasang gigi mundur. Untuk keamanan terdapat dua titik sensor parkir masing-masing di depan dan belakang, lengkap dengan kamera mundur. 

Masuk ke dalam kabin, interiornya terlihat lebih modern seperti mobil kekinian. Adanya head-unit 2DIN, lalu spidometer dengan MID dan juga AC yang sudah digital. Fiturnya pun semakin komplit dengan adanya 4 airbag, ABS, VSC, EBD dan lainnya.

Di sektor dapur pacu sudah menggunakan mesin 4 silinder 1NR-VE berkapasitas 1.300 cc dengan tenaga maksimal mencapai 95 hp dan torsi puncak 119 Nm. Untuk pilihan transmisi masih tersedia opsi manual dan otomatis untuk menggerakkan roda depan.

 

Harga Bekas Daihatsu Sirion

Untuk harga bekas dari Daihatsu Sirion ini juga tergolong cukup terjangkau dengan tahun yang masih muda. Mobil ini juga dikenal cukup lincah dan juga irit bahan bakar. Kalau kamu yang ingin mencari Daihatsu Sirion bekas namun berkualitas bisa juga cek stock di mobil88 e-store via https://www.mobil88.astra.co.id/atau aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan appstore.

Di mobil88 sendiri ada beberapa stok Daihatsu Sirion bekas seperti Sirion generasi kedua tahun 2016 AT harganya Rp 105 juta. Kemudian untuk Sirion tahun 2016 ada stok dua unit bertransmisi otomatis yang harganya sama di angka Rp 116 juta. Ada juga Sirion yang lebih muda yaitu tahun 2017 AT dengan harga Rp 120 juta. 

 

Cek disini : Harga Mobil Bekas Daihatsu Sirion di mobil88

 

Demi kenyamananmu saat situasi seperti sekarang ini dengan merebaknya virus Covid-19, mobil88 menghimbau kamu yang ingin membeli mobil dengan datang ke showroom, dapat melakukannya secara online. 

Saat ini, mobil88 sangat memudahkan kamu dengan bisa melakukan booking bahkan transaksi secara online dan program COD (Car On Delivery). Layanan COD ini memungkinkan kamu untuk bisa lihat dan cek mobil idaman yang sudah kamu pilih dari mobil88 bahkan juga melakukan test drive #DariRumahAja karena staff mobil88 yang akan antar mobil pilihanmu ke rumah dan free biaya antar showing. Untuk informasi lengkapnya, silahkan kunjungi : Cek dan Test Drive Mobil Idaman Kamu #DariRumahAja Tanpa DP, Free Delivery Dengan COD mobil88.

×

Mau diskon hingga 17jt? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan