blog/sejarah-fakta-menarik-biaya-perawatan-honda-freed

Sejarah, Fakta Menarik & Biaya Perawatan Honda Freed

19 Nov 2019

Nama Honda Freed di Indonesia mungkin saat ini tak lagi familiar dengar telinga. Maklum, sejak 2016, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyetop penjualan mobil dengan desain boxy tersebut.

Namun begitu, jika menelusur jejak Honda Freed cukup menarik. Pasalnya, mobil yang satu ini memang ditargetkan bukan buat pasar Indonesia, melainkan untuk Jepang, tepatnya pada 2008 silam.

Honda Freed sendiri menggunakan platform Globall Small Car Honda, yang juga sama digunakan pada Honda Jazz, Honda City, kemudian Honda Freed. Lambat laun  platform ini digunakan untuk Honda Mobilio, Honda Brio, Honda HR-V, dan Honda BR-V.

 

Sejarah Honda Freed

Di Indonesia, Honda Freed masuk di segmen MPV yang diboyong pertama kali oleh PT HPM pada 29 Juni 2009 setelah sebelumnya resmi meluncur di Jepang pada pertengahan 2008. Honda Freed juga langsung diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

Saat pertama kali dipasarkan di Indonesia, PT HPM mengklaim, mobil ini akan memiliki kenyamanan setara sedan. Oh iya, Honda Freed juga menggunakan pintu geser laiknya MPV premium sekelas Toyota Alphard. Namun begitu, Honda Freed ternyata dibanderol lebih terjangkau dibandingkan Toyota Alphard, yaitu sekitar Rp 243-253 juta.

Bahkan awal masuk Indonesia, strategi Honda dalam memasarkan Freed tampak berhasil. Hal ini karena Honda Freed tergolong laris dan menjadi primadona. Lihat saja, hingga saat ini masih ada Honda Freed seliweran di jalan-jalan.

Setelah meluncur pada 2009, selang dua tahun atau sekitar 2011, Honda menawarkan Freed dengan beberapa varian, yaitu Freed versi termurah berupa Freed S dan Freed S Alpha. Meski murah, namun Honda Freed S dan Honda Freed S Alpha sudah dilengkapi berbagai fitur mulai dari Sunvisor dengan Vanity Mirror, hingga desain Walk Through Cabin, serta penempatan King & Queen Seat di baris kedua.

Pada 2013, Honda Freed melakukan penyegaran dan menambah fitur lebih lengkap demi kenyamanan penumpang dan pengendara. Pada bagian eksterior, ubahan terlihat di bagian Front Grill full chrome yang dipadu dengan Headlight Reflector dan Front Bumper.

Demikian juga dengan bagian belakang, ubahan terlihat dari desain lampu dan juga keberadaan Bold Rear License Garnish berbahan chrome.

Selain itu, pintu samping sudah menggunakan Power Sliding Door dengan Remote Control dan One-Step Low Floor, sehingga memudahkan penumpang ketika keluar masuk kabin. Belum lagi fitur Forward Tilting Hinge Front Door dengan sistem 3-Step Door Checker memungkinkan pintu terbuka lebih lebar dengan ekstra kemiringan 7 derajat.

Sementara Fuel Lid Auto Lock Safety System mencegah Power Sliding Door terbuka penuh saat tangki bensin sedang terbuka. Power Retractable Door Mirror dengan lampu sein memungkinkan kaca spion terlipat otomatis dengan satu sentuhan.

Kaca mobil Honda Freed menggunakan teknologi Green Glass yang mampu mengurangi sinar UV dan terik matahari untuk menjaga kabin tetap sejuk. Kenyamanan di dalam kabin semakin bertambah dengan kaca film V-Kool yang ditambahkan sebagai standar pada Honda Freed tipe S dan E.

Memasuki 2016, Honda Jepang merilis Freed model terbaru. Ini merupakan Freed generasi kedua. Namun sayang, Honda Freed generasi kedua tak sempat menyapa Indonesia. Honda memutuskan untuk menyetop penjualan Freed di Indonesia seiring dengan menurunnya penjualan mobil tersebut.

Tak sedikit yang menuturkan, Honda Freed tidak lagi sesuai dengan selera orang Indonesia karena desainnya yang kotak. Sedangkan sebaliknya, di Jepang mobil bermodel kotak justru masih laris manis.

Kendati demikian, bagi sebagian orang, Honda Freed masih tetap idola. Bahkan desain kotak ditambah keberadaan pintu geser dianggap memiliki kabin lebih luas, dan mampu diparkir di tempat sempit.

Di mobil88, Honda Freed tergolong banyak dicari konsumen. Bahkan mobil yang satu ini peredarannya datang dan pergi cukup cepat. Saat ini Honda Freed yang ada di mobil88 tinggal menyisakan dua unit.

Meski sama-sama Honda Freed, namun tahun produksi kedua mobil ini berbeda. Karena itu harganya berbeda. Untuk Honda Freed S lansiran 2011 dilepas Rp 139 juta dan Honda Freed S rakitan 2013 dijual RP 173 juta. Gimana tertarik dengan Honda Freed?

 

Perawatan Honda Freed

Untuk merawat Honda Freed dengan status seken sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil lainnya, yaitu tetap melakukan perawatan secara rutin baik eksterior, interior dan juga mesin. 

Bodi dan kabin harus rajin dibersihkan. Untuk bagian luar tak ada salahnya untuk pergi salon mobil agar terlihat lebih kinclong. Demikian juga pada bagian kabin turut dibersihkan. 

Sedangkan untuk mesin, disarankan tetap dilakukan service rutin setiap  10.000 km atau enam bulan sekali, mana yang lebih tercepat. 

Namun satu yang pasti harus dilakukan perawatan jika membeli Honda Freed apalagi kalau kondisinya seken, yaitu bagian pintu penumpang baris kedua. Pasalnya, desain pintu Honda Freed bergaya sliding door atau pintu geser.

Adapun pemeriksaan yang perlu dilakukan yaitu mengencangkan komponen striker assy slide door yang ada di pilar B dan latch assy yang menempel di pintu.

Kenapa hal tersebut perlu dilakukan pemeriksaan? Sebab bukan tak mungkin bagian tersebut rentan kendur karena adanya guncangan. Selain itu, yang perlu dibersihkan adalah bagian rel. Hal yang biasa terjadi jika tidak dibersihkan yaitu akan menumpuk kotoran dan muncul kerak, sehingga ketika digeser sangat sulit dan juga timbul bunyi. 

Untuk  berapa biaya perawatan Honda Freed baisanya memang tak jauh berbeda, tergantung sulit atau tidaknya masalah yang dialami. Misalnya, untuk perawatan rutin biasanya tak sampai Rp 1 juta. Kecuali, ada hal yang perlu diganti. 

Sedangkan untuk menambah cairan-cairan pada mesin mobil juga tak sampai Rp 500 ribu. Untuk lebih detail, tak ada salahnya Anda menanyakan langsung ke bengkel resmi atau terpercaya.

Nah, buat kamu yang sedang mencari Honda Freed coba cek stok mobil di mobil88 s-tore yuk, klik mobil88.astra.co.id

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan