×

blog/sejarah-fakta-menarik-biaya-perawatan-toyota-rush

Sejarah, Fakta Menarik & Biaya Perawatan Toyota Rush

29 Jul 2020

Siapa yang tak kenal dengan Toyota Rush? SUV lansiran Toyota hasil Kerjasama dengan Daihatsu ini menjadi salah satu produk SUV kompak yang diminati di Tanah Air. Toyota Rush pertama kali hadir di Indonesia tidak lama setelah Toyota dan Daihatsu sukses dengan duet low MPV Avanza dan Xenia, tepatnya pada 2006 silam.

Di awal kemunculannya, meski Toyota Rush dan Daihatsu Terios terlihat sama, namun terdapat beberapa bagian yang dibuat berbeda. Meski memiliki wheelbase sama, namun pada dasarnya Terios dibuat tujuh penumpang sedangkan Rush hanya lima penumpang.

Perbedaan lainnya juga ada pada fitur, di mana Toyota Rush dibuat sangat lengkap seperti adanya pengereman Anti Lock Braking System (ABS), dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), hingga Airbag.

Toyota Rush sendiri hadir dengan mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc, dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis empat percepatan. Adapun varian yang ditawarkan Toyota Rush yaitu 1.5 G M/T, 1.5 S M/T, dan 1.5 S A/T.

Dengan adanya Toyota Rush, PT Toyota Astra Motor selaku agen pemegang merek mobil Toyota mengalami peningkatan penjualan di segmen medium SUV dari 3.000 per tahun menjadi 30.000 per tahun.

 

Toyota Rush Facelift Pada 2009

Selang 3 tahun sejak kemunculannya, atau pada 2009, Toyota dan Daihatsu melakukan ubahan ringan atau facelift pada Rush dan Terios. Kala itu, perubahan yang cukup mendasar hanya terjadi pada bagian eksterior, seperti grille dengan garis melintang di tengah logo, fog lamp, dan keberadaan bumper guard di depan dan belakang.

Setahun kemudian atau Oktober 2010, Toyota Rush kembali hadir dengan ubahan ringannya. Kali ini Rush menawarkan tipe G dengan transmisi otomatis. Namun tak hanya itu beberapa ubahan juga ditawarkan pada bagian body, seperti kisi-kisi grille lebih padat, lampu belakang bening dan bumper motif baru.

Tak hanya itu, Rush juga mengalami tambahan khususnya keberadaan roof rail, dan juga menggunakan ban lebih lebar sehingga memberikan kesan sangar.

 

Toyota Rush TRD Sportivo 2013

Setelah lebih dari 5 sampai 6 tahun, memang banyak konsumen mulai jenuh, kehadiran Rush terbaru sangat dirindukan. Hal ini pula akhirnya dilakukan Toyota dengan menawarkan Rush TRD (Toyota Racing Development) Sportivo pada 2013.

Secara desain masih tetap sama, namun varian ini mengalami berbagai peningkatan mulai dari kualitas eksterior, interior, hingga fitur. Untuk eksterior tambahan yang dilakukan pada spoiler dan desain bumper depan serta belakang.

2 tahun kemudian atau tepatnya 2015, wajah Toyota Rush kembali berubah, dan dianggap tampil lebih modern kala itu. Hal tersebut ditunjang dengan bagian grille, bumper, dan tak lupa penggunaan lampu LED pada bagian depan dan juga belakang.

Desain pelek juga ikut berubah karena menggunakan Alloy Wheel Polisher berukuran 6 inci sehingga terasa aura sporty dan elegan.

Pada 2016, Toyota Rush kembali mengalami ubahan. Yang membuat lebih menarik mobil ini ternyata sudah menerapkan kapasitas tujuh penumpang dan meningkatkan varian TRD Sportivo menjadi TRD Sportivo Ultimo.

Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo juga sudah menggunakan suspensi terbaru pada bagian depan dan belakang berupa New Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate racikan TRD sehingga diklaim memberikan kenyamanan dan stabilitas performa, sehingga tak terasa limbung saat dipacu dengan cepat.

 

Toyota Rush Generasi Baru 2017

Generasi terbaru Toyota Rush ini akhirnya hadir dengan platform yang benar-benar baru. Secara desain pun mobil ini berubah total dengan tak ada lagi konde atau ban serep yang menempel di pintu bagian belakang. Hal inilah membuat Rush dan Terios disebut juga mengikuti trend SUV di dunia yang notabenenya sedang berkembang.

Mobil ini juga mendapatkan tambahan fitur yang kini semakin eksis, yaitu Start Stop Engine sehingga tak perlu mencolokkan anak kunci. Sebaliknya cukup menekan tombol, maka mesin akan menyala.

Rush 2017 sendiri sudah menggunakan mesin 2NR-VE, Dual VVT-i, berkapasitas 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 104 ps dan 136 Nm.

 

Harga Toyota Rush Bekas

Untuk harga bekasnya, Toyota Rush memiliki harga yang cukup bervariatif tergantung kondisi, tipe, dan tahunnya. Di mobil88 sendiri, harga Toyota Rush bekas berkisar di Rp.130 juta sampai Rp.218 Juta.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi tautan berikut ini : Harga Toyota Rush Bekas di mobil88

 

Biaya Perawatan Toyota Rush

Sebagai mobil SUV, perawatan untuk Toyota Rush bisa dibilang cukup hemat, meskipun kamu membelinya dalam kondisi bekas. Jika masih mendapat unit yang masih di bawah 50.000 km atau 4 tahun maka kamu masih mendapat gratis biaya jasa di bengkel resmi. 

Sementara untuk biaya perawatan hanya cukup membayar suku cadang yang sifatnya memang fast moving. Contoh ;

  • Pada 10.000 km pertama pergantian mencakup oli mesin, filter oli, gasket, dan balance weight, total dana yang dikeluarkan konsumen sebesar Rp 409.000.
  • Untuk 20.000 km menjadi Rp 517.000 akibat ada pergantian busi.
  • Sedangkan di 30.000 km kembali turun menjadi Rp 409.000.
  • Pada 40.000 km untuk Rush manual menjadi Rp 914.000 karena selain busi ada tambahan pergantian oli rem, air cleaner, oli transmisi, dan gasket plug. Sementara Rush bertransmisi otomotis sedikit lebih mahal yaitu Rp 1,052 juta dengan adanya tambahan oli gardan.
  • Pada kilometer 50.000 km biaya servis kembali ke Rp. 409.000.

Dalam hitungan kasar, dengan asumsi 50.000 km yang biasa tercapai selama empat tahun, paling tidak biaya yang dikeluarkan konsumen untuk perawatan Rush tidak lebih dari Rp 4 juta. 

Kalau kamu tertarik untuk meminang Toyota Rush bekas, maka solusinya ada di mobil88. Di sini kamu bisa akan mendapatkan Toyota Rush dengan kondisi bagus, bahkan usianya tidak terlalu tua. 

Untuk melihat unit lain di mobil88, kamu bisa langsung klik disini ya : www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil/

×

Mau diskon hingga 17jt? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan