blog/sejarah-nissan-livina-lmpv-nissan-yang-fenomenal

Sejarah Nissan Livina, LMPV Nissan yang Fenomenal

10 Nov 2020

Berbicara soal dunia LMPV di Indonesia tentu saja seakan tidak habisnya. Kita tentu tahu ada salah satu model fenomenal yang boleh dibilang menjadi penggebrak pasar LMPV beberapa waktu silam. LMPV itu tak lain dan tak bukan adalah Nissan Livina. Sebuah LMPV perdana dari Nissan yang pertamakali menyapa Indonesia di tahun 2007.

Nissan Livina ini boleh dibilang fenomenal karena mobil ini merupakan LMPV pertama yang menggunakan sistem gerak roda FWD dimana pada saat itu pasar LMPV hanya ada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang berpenggerak roda belakang / RWD. Di awal kemunculannya mobil ini seperti memberikan sesuatu yang berbeda dan berani, dimana duet Avanza dan Xenia yang mengunggulkan kekuatan dan kehematan dan Livina menggunakan approach kenyamanan dan kemewahan di dunia LMPV.

Di Indonesia sendiri, model yng pertamakali di launching untuk publik justru dinamakan Nissan Grand Livina, karena sejatinya Nissan Livina adalah MPV Hatchback 5 Seater dan Nissan Grand Livina adalah versi panjangnya yang mempunyai kapasitas 7 Seater sehingga berhadapan langsung dengan duet Avanza Xenia dikala itu.

Generasi Nissan Livina L10 ( 2007-2013)

Generasi pertama Nissan Livina ini mempunyai kode bodi L10. Mobil ini dijual dalam dua bentuk body yaitu versi pendek (Livina) dan versi panjang 7 seater (Grand Livina). Untuk Nissan Livina 5 Seater ada 2 pilihan tipe yang bisa dipilih yaitu varian XR dan X-Gear dengan satu pilihan mesin yaitu HR15DE 1.500cc 4 Silinder. Sedangkan untuk Nissan Grand Livina memiliki 3 Tipe di awal kemunculannya yaitu SV,XV dan Ultimate lalu bertambah varian Highway Star (HWS) di akhir 2010, untuk varian Grand Livina ini juga memiliki dua pilihan mesin yaitu HR15DE 1.500cc dan HR18DE 1.800cc Khusus untuk varian XV dan Ultimate.

Mobil ini menonjolkan kenyamanan yang lebih dan pengendalian yang stabil seperti layaknya sedan. Dimana saat itu menjadi pilihan baru untuk konsumen yang ingin LMPV serasa sedan bisa memilih Livina dan konsumen yang menginginkan LMPV yang sangat durable dan hemat bisa memilih duet Avanza dan Xenia.

Baca Juga : Fakta Menarik dan Sejarah Mobil Sejuta Umat, Toyota Avanza

Generasi Nissan Livina L11 (2013-2019)

Tujuh tahun berselang, Nissan Livina akhirnya mengalami perubahan total (Major Change). Generasi keduanya ini memiliki kode bodi L11. Desainnya berubah menjadi lebih dinamis dan sporti sebagai ciri khas mobil Nissan di masa itu. Mobil ini juga telah mendapatkan transmisi berteknologi CVT untuk menggantikan transmisi torque converter di generasi pertama. Varian bermesin 1.800cc sempat dijual namun tidak beberapa lama dihentikan karena faktor konsumsi BBM dan harga yang cenderung tinggi. Selain itu di generasi L11 ini, varian Livina berdimensi pendek dihentikan sehingga otomatis yang dijual hanyalah Nissan Grand Livina.

Duet dengan Mitsubishi, Generasi Nissan Livina ND (2019- Sekarang)

Semakin banyaknya LMPV yang hadir dengan format kenyamanan dan penggerak FWD seperti Nissan Livina tentu membuat pasar Livina semakin tergerus. Apalagi kehadiran Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander yang terus berevolusi membuat penjualan Livina menjadi semakin turun tiap bulannya. Oleh karena itu akhirnya Nissan memilih jalan kolaborasi dengan Mitsubishi dengan meluncurkan Nissan Livina terbaru yang sebenarnya adalah hasil rebadge dari Mitsubishi Xpander yang sempat merajai pasar LMPV FWD beberapa waktu lalu.

Tentu saja, kode bodinya pun berubah total. Tidak lagi menggunakan huruf L dan angka di belakangnya. Nissan Livina terbaru ini menggunakan kode bodi ND. Secara tampilan, mobil ini memang memiliki desain yang lumayan berbeda dengan Mitsubishi Xpander namun secara teknologi, mesin dan transmisi mobil ini sama persis dengan kembarannya yaitu menggunakan mesin Mitsubishi 4A91 MIVEC berkapasitas 1.500cc dengan pilihan transmisi manual 5 Percepatan dan Otomatis Torque Converter 4 Percepatan.

Nissan Livina ND ini sekarang menjadi alternatif untuk calon konsumen yang menginginkan Mitsubishi Xpander namun dananya terbatas. Diformat sama seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, Nissan Livina ND ini bisa kamu dapatkan kondisi baru / bekasnya dengan harga dibawah Mitsubishi Xpander.

Untuk harga Nissan Livina bekas, kamu bisa cek disini ya : Harga Nissan Livina Bekas di mobil88.

Nah, bagaimana sahabat mobil88? Buat kalian yang sedang cari Nissan Livina kamu bisa mendapatkannya dengan kondisi bekas berkualitas di mobil88. Ingin jual dulu mobil lamamu? Tidak perlu khawatir karena mobil88 juga menerima penjualan mobil dengan harga yang kompetitif serta proses aman, mudah, dan cepat. Yuk jual mobilmu di mobil88!

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan