×

blog/sejarah-nissan-x-trail-si-tangguh-yang-berwibawa

Sejarah Nissan X-Trail, Si Tangguh yang Berwibawa

01 Feb 2021

Berbicara soal SUV dari pabrikan Nissan, sahabat mobil88 pasti familiar dengan Nissan X-Trail. Bagaimana tidak, mobil ini sampai sekarang dipercaya sebagai mobil dinas Polri dan Sekretariat Negara. Selain itu karena bentuknya yang gagah dan tangguh membuat mobil ini memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan.

Karena penerimaan pasar Indonesia yang baik atas Nissan X-Trail ini, membuat Nissan terus meluncurkan model Nissan X-Trail hingga sekarang. Penasaran bagaimana perjalanan si SUV sangar dari Nissan ini di Indonesia? Mari simak ulasan sejarah singkat berikut ini!

Nissan Xtrail T30 Generasi Pertama (2001-2009)

Nissan X-Trail pertamakali masuk di Indonesia pada tahun 2001. Model pertama yang keluar ini memiliki kode T30. Nissan Indonesia sendiri memasukkan mobil ini awalnya secara CBU, namun karena penerimaan pasar yang baik serta permintaan yang terus melonjak akhirnya Nissan menjual mobil ini secara CKD.

Desain mobil ini sekilas mengingatkan kita kepada kompetitor utama Nissan X-Trail di zamannya, yaitu Honda CR-V. Nissan X-Trail memiliki bentuk yang serba mengkotak dengan lampu belakang model memanjang diatas yang bentuk dan penempatannya mirip dengan Honda CR-V generasi pertama.

Baca juga : Bekas Keren : Nissan March, Hatchback Lucu yang Irit

Tampilan yang serba mengkotak ini tak pelak memunculkan kesan gagah dan tangguh. Serta penggunaan lampu yang berbentuk 3D dengan projector didalamnya membuat mobil ini terlihat gagah dan juga mewah.

Nissan X-Trail T30 ini sendiri ditenagai dengan 2 pilihan varian mesin yaitu unit berkapasitas 2000cc 4 Silinder dengan kode QR20D yang memiliki output tenaga 138 dk pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 192 Nm di 4.000 rpm dan mesin 2.500 cc dengan kode QR25DE yang bertenaga 178 dk dan torsi maksimal 245 Nm.

Nissan X-Trail T31 Generasi Kedua (2009 - 2013)

Melanjutkan kesuksesan generasi T30. Nissan seolah enggan merubah bahasa desain T30 yang sudah diterima oleh banyak pihak. Model penerusnya yang memiliki kode T31 ini kalau boleh dibilang adalah sebuah Nissan X-Trail T30 yang diberi sentuhan modern di berbagai tempat.

Tentu saja penggunaan desain seperti ini justru membuat Nissan X-Trail mempunyai ciri khas tersendiri. Di zaman itu, kompetitornya kebanyakan sudah mempunyai desain membulat nan futuristis, namun Nissan X-Trail tetap mempertahankan desain mengkotak yang diwariskan dari generasi T30.

Terbukti, penggunaan desain mengkotak ini rupanya membuat Nissan X-Trail menjadi salah satu SUV terlaris di masanya. Desain mengkotak justru memunculkan kesan gagah dan tangguh dibandingkan desain SUV membulat yang cenderung maskulin dan eksklusif.

Baca juga : Sejarah Nissan Livina, LMPV Nissan yang Fenomenal

Untuk urusan dapur pacu, Nissan X-Trail T31 ini masih sama dengan kakaknya T30. Masih dibekali mesin 2000cc QR20DE dan 2500cc QR25DE, mobil ini memiliki transmisi automatik baru yaitu transmisi Xtronic CVT yang membuat konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dari generasi sebelumnya.

Nissan X-Trail T32 Generasi Ketiga (2013 - Sekarang)

Memasuki generasi ketiganya, Nissan X-Trail akhirnya dirubah desainnya secara total oleh Nissan. X-Trail berkode T32 ini tidak lagi mempunyai desain serba mengkotak yang dianut oleh pendahulunya. SUV ini kini tampil mengikuti zaman dengan desain body yang cenderung lebih rounded dan mewah.

Tidak hanya eksteriornya saja, interior pada mobil ini juga berubah total mengikuti eksteriornya. Penggunaan bentuk kotak yang lazim ditemukan di dasbor X-Trail T30 dan T31 kini sudah berganti menjadi dasbor membulat seperti kebanyakan SUV di kelasnya.

Namun begitu, walaupun secara desain telah berubah total, Nissan tetap menyematkan garis-garis tegas khas X-Trail disekujur body yang membuat mobil ini tetap terlihat tangguh dan berwibawa di jalan raya.

Baca Juga : Nissan Juke, SUV Kompak yang Unik!

Berbicara soal fitur dan kapasitas penumpang juga bertambah banyak di mobil ini. Yang paling terlihat adalah kapasitas penumpang yang kini bertambah jadi 7 orang, dari yang sebelumnya hanya 5 orang. Penambahan kapasitas penumpang ini juga membuat Nissan X-Trail T32 menjadi sebuah 7 Seater SUV, bukan 5-seater SUV lagi.

Untuk urusan mesin, ia masih mempertahankan dua pilihan mesin 2000cc QR20DE dan 2500cc QR25DE nya. Namun ia ketambahan varian hybrid baru yang berkapasitas mesin 2000cc MR20DE Hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik. Penggunaan mesin Hybrid ini juga menjadikan Nissan X-Trail Hybrid ini menjadi SUV yang konsumsi BBM nya paling hemat dikelasnya

Nah, bagaimana sahabat mobil88? Buat sahabat mobil88 yang tertarik dengan Nissan X-Trail bekas dengan kondisi super dan berkualitas, sahabat bisa langsung trade in di mobil88. Tentu saja prosesnya mudah dan cepat serta mobil yang didapat pun berkualitas dan bergaransi. Nah, tunggu apalagi? Yuk trade in mobil kamu hanya di mobil88!


Untuk melihat stok mobil apa saja yang saat ini ada di mobil88, kunjungi www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan