blog/sejarah-singkat-toyota-fortuner-from-hero-to-zero

Sejarah Singkat Toyota Fortuner From Zero to Hero

02 Agu 2019

Toyota Fortuner, nama mobil yang satu ini memang sangat familiar di mata orang Indonesia. Maklum keberadaan mobil yang masuk kategori Sport Utility Vehicle (SUV) ini tak hanya merajai jalanan se-Nusantara, tetapi juga beredar di sejumlah negara di dunia, apalagi Timur Tengah 

Namun yang tidak banyak diketahui orang yaitu, Toyota Fortuner faktanya adalah mobil yang diproduksi di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), tepatnya di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat. Karena itu, Toyota Fortuner tak hanya dipasarkan dari Sabang sampai Merauke saja, melainkan juga ke sejumlah negara.

Bahkan berdasarkan data TMMIN, Toyota Fortuner jadi penyumbang ekspor terbanyak, yaitu mencapai 23 persen dari total ekspor Toyota.

Bicara soal Toyota Fortuner, sebenarnya cukup menarik disimak. Pasalnya, banyak hal-hal yang unik dan jarang diketahui orang. Karena itu, kali ini kita akan mengupas sejarah serta fakta-fakta yang perlu diketahui soal Toyota Fortuner.

 

"baca juga : Dashyatnya VNT pada Fortuner Diesel"

 

Awal Mula Toyota Fortuner

Jika Anda menyebut Toyota Fortuner mobil asal Jepang memang benar adanya. Namun yang pasti, SUV yang dipasarkan pertama kali pada 2005 silam itu bukan dibuat di Indonesia, melainkan diproduksi di negeri Gajah Putih, Thailand. 

Namun begitu, tujuan target pasar Toyota Fortuner kala itu cukup kecil, karena hanya untuk Indonesia, dan beberapa negara tetangga di Asia Tenggara. Khusus di Tanah Air, sosok SUV ini dianggap sangat cocok dengan kondisi demografi dan jalan di Indonesia. 

Adapun untuk membuat Toyota Fortuner pertama kali, Toyota Thailand mendesainnya dengan menggunakan platform global, yang disebut International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Platform ini ternyata sengaja dibuat dengan mengkombinasikan antara platform sebuah Hilux Vigo untuk pasar Thailand, dan juga Toyota Kijang Innova yang memang lebih dahulu dipasarkan secara nasional. Kedua mobil ini sendiri pada dasarnya sangat kuat dan tangguh.

Sedikit mengulas fakta Toyota, perusahaan asal Jepang ini  nyatanya bukan tak punya SUV. Sebaliknya, mereka memiliki Land Cruiser dan Land Cruiser Prado. Hanya saja, karena harganya tergolong mahal ditambah berstatus Completely Built Up (CBU), kedua model mobil tersebut disebut cukup mahal, sehingga kurang laris dan menjadi sepi peminat.

Maka tercatat sejarah baru, pada 2005 Fortuner resmi dipasarkan. Sejak dahulu hingga saat ini mobil yang dikenal dengan bentuk bodi bongsor itu dijual melalui PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek Toyota di Indonesia dengan status impor utuh atau disebut CBU dari Thailand. 

Pertama kali Fortuner lahir, mobil ini dianggap sangat keren, macho dan gagah. Tapi saat ini hal tersebut masih berlaku. Namun begitu, ada juga yang kurang sreg, mereka merasa limbung ketika dibetot dengan kecepatan tinggi.

Untuk jantung pacu, khusus pasar Indonesia hanya menawarkan mesin bensin dengan kode 2TR-FE dengan dua pilihan varian yaitu 2.7 G dan 2.7 V yang menghasilkan tenaga 161 daya kuda. Saat itu, Fortuner juga melengkapi varian dengan penggerak 4x4.

Permintaan akan sosok Fortuner terus naik. Hingga akhirnya pada awal 2007 Toyota Fortuner yang awalnya diimpor dari Thailand dalam bentuk utuh, menjadi dikirim hanya dalam bentuk komponennya saja dan dirakit secara lokal atau Completely Knock Down (CKD) di pabrik Toyota di Karawang. Saat itu, kandungan komponennya sudah mencapai 45 persen. 

Kepopuleran Toyota Fortuner masa itu semakin menjadi-jadi. Permintaan Toyota Fortuner generasi pertama ini melonjak tajam hingga tak terbendung. Seiring banyaknya permintaan, Toyota juga menawarkan pilihan mesin diesel dengan kode 2KD-FTV dan satu pilihan yaitu 2.5 G M/T.

Mesin diesel Fortuner disebut sudah mengaplikasikan sistem Common Rail seperti pada mesin Toyota Kijang Innova versi diesel. Saat itu, Fortuner varian diesel hanya menawarkan transmisi manual. Namun pada 2009, meluncurlah Fortuner diesel dengan transmisi otomatis.

Pada 2010, pabrik Toyota di Bangkok dikabarkan ditutup. Hal ini pula  jadi moment Toyota Indonesia untuk menggarapnya Fortuner secara lokal. Hanya saja, khusus mobil yang di diracik di Karawang hanya menggarap jenis mesin bensin. Sedangkan untuk Fortuner diesel tetap dibuat di Thailand. 

Kehadiran Fortuner diesel ini dianggap lebih mumpuni. Karena memiliki tenaga dan torsi yang besar, namun lebih irit bahan bakar. Hal ini membuat Fortuner bermesin diesel laku keras, apalagi di sang pemilik berada di wilayah perbukitan dan dapat dipakai di pertambangan serta perkebunan.

 

Toyota Fortuner Muncul Generasi Kedua

Masuk pada tahun 2012, mencuat kabar Toyota bakal hadir generasi kedua. Hal ini karena sudah tujuh tahun lamanya Fortuner tak mengalami ubahan besar.

Namun apa yang terjadi? Konsumen harus gigit jari, karena pada saat itu Toyota Fortuner hanya facelift. Meski demikian, Toyota menyuguhkan mesin diesel dilengkapi turbocharger dengan geometry turbin bervariasi atau Variable Geometry Turbocharger (VNT). 

Tak berapa lama, Toyota juga menghadirkan Fortuner versi TRD Sportivo. Dengan tampilan tersebut, mobil ini diklaim tak hanya sangar, namun lebih bergaya sporty.

Selang dua tahun atau tepatnya 22 Januari 2016, Toyota akhirnya merilis Fortuner paling terbaru. Tentu saja, tampilan Fortuner generasi kedua sangat berubah total mulai dari eksterior, interior hingga mesinnya.

Perubahan memang paling jelas terlihat pada bagian wajah, terutama pada bagian lampu utama lebih pipih, fog lamp, dan grille, sehingga jadi tambah stylish dan modern.

Tampilan Toyota Fortuner saat ini, ternyata masih disukai konsumen. Hingga saat ini, Toyota menawarkan beberapa varian Fortuner seperti 2.4 G M/T diesel dan 2.4 G A/T diesel, 2.4 VRZ A/T diesel dan 2.4 VRZ A/T diesel TRD, lalu  dan 2.7 SRZ A/T bensin dan SRZ A/T bensin TRD, kemudian 4x4 2.4 G A/T diesel dan 4x4 2.4 VRZ A/T diesel.

Bahkan popularitas Toyota Fortuner ini tak hanya untuk model terbaru saja, melainkan meski sudah status bekas, mobil tersebut tetap diburu konsumen.

Nah, jika menginginkan Toyota Fortuner bekas, maka solusinya terdapat di mobil88. Di sini Anda akan mendapatkan Toyota Fortuner dengan kondisi bagus, bahkan usianya tidak terlalu tua. Di mobil88 ada jaminan berupa buyback guarantee untuk pembelian merek dan tipe mobil apapun. Jika ada salah satu dari poin garansi yang tidak sesuai, Anda tidak akan merugi karena mobil itu bisa dibeli kembali. 

Untuk mengetahui berapa kisaran harga mobil keluarga Toyota Fortuner, cukup mengecek dan melihatnya langsung disini.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan