blog/sejarahfakta-menarik-dan-biaya-perawatan-mitsubishi-pajero-sport

Sejarah, Fakta Menarik dan Biaya Perawatan Mitsubishi Pajero Sport

01 Nov 2019

Sosok Mitsubishi Pajero Sport di kancah otomotif nasional memang tak perlu diragukan lagi. Dengan bentuk gambot, mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini juga jadi salah satu mobil favorit masyarakat dan banyak ditemui di jalanan Indonesia.

Dibalik kesuksesan Mitsubishi Pajero Sport yang saat ini jadi produk andalan pabrikan berlogo tiga berlian, ternyata banyak fakta-fakta unik yang ternyata tidak diketahui dan disadari masyarakat pada umumnya.

Fakta-fakta menarik soal Mitsubishi Pajero Sport antara lain:

Pertama, soal nama. Ternyata Pajero Sport punya nama lain yaitu Mitsubishi Challenger. Selain Mitsubishi Challenger, mobil ini juga namanya berbeda-beda di beberapa negara seperti Nativa untuk pasar Amerika Tengah, Montero Sport di Amerika Utara, Shogun Sport untuk pasar Inggris, dan G-Wagon di Thailand

Kedua, dibuat sejak 1996 namun masuk Indonesia pada 2009. Pamor Mitsubishi Pajero Sport diketahui mulai menyeruak pada 2009 dengan menghadirkan empat varian yaitu Exceed 4x2, Exceed 4x4, GLS dan GLX.

Namun faktanya, Mitsubishi Pajero Sport pertama kali dibuat pada 1996 dan diproduksi di Nagoya, Aichi, Jepang.

Ketiga, Mitsubishi Pajero Sport diproduksi di Indonesia. Sejak muncul di Indonesia pada 2009, memang Pajero Sport didatangkan langsung dari Thailand. Namun begitu, karena semakin banyaknya permintaan Pajero Sport akhirnya diproduksi di Indonesia pada akhir 2017 dengan varian Dakar Ultimate kemudian varian Exceed.

Namun pada awal 2019 Pajero Sport tak lagi dibuat secara lokal. Hal ini karena harus berbagi dengan Mitsubishi Xpander yang lebih banyak permintaan.

Keempat, Pajero Sport varian termahal paling laku di Indonesia. Konsumen Indonesia memang unik. Bagaimana tidak, ternyata Pajero Sport varian Dakar 4x4 A/T yang merupakan varian tertinggi jadi paling banyak diburu konsumen.

Kelima, Pajero Sport punya lima pilihan mesin. Untuk pasar Indonesia, Pajero Sport memang hadir dengan enam varian namun hanya mengusung satu mesin, yaitu berkapasitas 2.5 liter. Padahal faktanya, secara global, mesin Pajero Sport ada pilihan yang lainnya, mulai dari 2.8 liter, 3.0 liter, 3.2 liter, dan 3.5 liter.

Nah, setelah mengetahui fakta-faktanya ada baiknya kita juga mengetahui sejarah munculnya Pajero Sport si penantang Toyota Fortuner.

Generasi Pertama (1996-2008)

Kehadiran Pajero Sport muncul pertama kali pada 1996. Mobil memiliki desain yang kaku dan kotak. Namun postur mobil ini tetap besar dan gagah.

Pajero Sport memang awalnya dipasarkan secara domestik di Jepang namun selang setahun mobil tersebut akhirnya di ekspor ke beberapa negara.

Pajero Sport ini sudah dilengkapi dengan suspensi depan independen (independent front suspension) dengan torsion bar dan live rear axle. Dalam perkembangannya, suspensi belakang mobil ini juga mengalami pergantian dari per daun menjadi per keong di akhir tahun 2000. Mobil ini mulai dirakit di Tiongkok tahun 2003, dan Brasil tahun 2006.

Generasi kedua (2008-2015)

Setelah semakin terkenal, pada 2008 Pajero Sport hadir kembali dengan sejumlah ubahan yang sangat menarik. Mobil ini juga mengambil basis dari Mitsubishi Triton yang merupakan model pikap double cabin.

Selang setahun atau pada 2009, Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua akhirnya dirilis ke Indonesia. Antusias masyarakat akan mobil, kebanyakan mengetahuinya lantaran mobil tersebut diketahui sudah teruji di ajang Rally Paris Dakar.

Belum lagi, desain Pajero Sport yang tergolong besar sehingga mampu memberikan kesan macho kepada siapapun yang mengendarainya. Ketika masuk Indonesia, Pajero Sport hadir hadir dengan penggerak 4x2 dan 4x4, serta menawarkan tiga varian Exceed, GLS dan GLX mesin diesel.

Pada 2011, Pajero Sport hadir dengan varian baru dengan mesin 2.5-liter DI-D Common rail with Variable Geometry Turbo (VGT). Mereka mengklaim, mesin yang dibenamkan lebih bertenaga, namun tetap efisien dalam hal bahan bakar.

Pada 2013, Pajero Sport mengalami ubahan ringan atau facelift yang fokus penyegarannya ada sembilan titik baik pada bagian eksterior maupun interior.

Setahun kemudian, atau pada 2014, Mitsubishi menghadirkan Pajero Sport V6 dengan mesin bensin V6 MIVEC 3.0L bertenaga 220 PS. Tentu saja ada pro dan kontrak, karena banyak yang mengenal Pajero Sport bermesin diesel. Namun ada yang pro, karena bahan bakar diesel di Indonesia dianggap masih kurang berkualitas.

Generasi ketiga (2015-sekarang)

Pajero Sport kembali melakukan penyempurnaan pada Agustus 2015 di Thailand. Selang beberapa bulan, atau awal Januari 2016 Pajero Sport terbaru masuk pasar Indonesia.

Pajero Sport hadir dengan tagline “a Vision to Explore”, yang memiliki empat karakteristik utama, High Quality Design, Quality Comfortable Cabin, Superior Performance dan Innovation and Convenience.

Pada 2017, Mitsubishi meluncurkan varian baru Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 yang dirakit fasilitas produksi Mitsubishi Motors Karawang, Jawa Barat. Indonesia. Tak hanya Dakar Ultimate 4x2, namun ada juga Dakar 4x2 dan Dakar 4x4.

Tak berapa lama atau pada 2018, Mitsubishi Pajero Sport menghadirkan varian Exceed 4X2 AT dan GLX 4X4 MT.

Biaya Servis

Adapun untuk layanan purna jual seperti halnya servis berkala Pajero Sport dimulai sejak jarak tempuh 1.000 km. Tenang, Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun karena tidak dipungut biaya atau gratis.

Servis kedua bisa dilakukan dengan jarak tempuh 10.000 km. Biasanya ada penggantian komponen meliputi filter oli, ganti oli, tambah air aki, dan gasket oli. Biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 1,2 jutaan.

Servis berikutnya ketika mobil mencapai jarak tempuh 10.000 km. Biasanya penggantian komponen lebih banyak dan penambahan cairan seperti oli di beberapa bagian, sampai penggantian filter bensin dan filter oli. Harganya bisa sekitar Rp 2 jutaan.

Kemudian jarak 30.000 km. Biasanya penggantian akan lebih banyak, termasuk penggantian filter oli dan membersihkan ruang bakar. Namun untuk harganya masih sekitar Rp 2 jutaan.

Selanjutnya untuk jarak 40.000 km. Biasanya selain perawatan ringan dan ganti oli, ada juga hal yang perlu diganti termasuk minyak rem, cairan radiator, sampai perawatan rem. Untuk harganya bisa mencapai Rp 2,5 juta.

Perlu dicatat, saat ini Mitsubishi menyarankan kepada konsumen untuk melakukan servis berkala setelah 1.000 km, maka selanjutnya dilakukan dengan kelipatan 10.000 km.

Adapun jika terdapat kerusakan, harganya akan lebih mahal lagi. Tetapi perlu dicatat, biaya servis ini tak bisa jadi patokan secara pasti, mengingat pabrikan bisa saja melakukan perubahan harga komponen tanpa pemberitahuan.

Nah, Anda yang ingin mencari Mitsubishi Pajero Sport bekas namun berkualitas bisa juga cek stock di mobil88 e-store via www.mobil88.astra.co.id atau aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan app store.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan