×

blog/sekarang-wajib-apar-di-mobil-ketahui-tata-letak-dan-perawatannya

Sekarang Wajib APAR di Mobil, Ketahui Tata Letak dan Perawatannya

03 Mar 2021

Pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mewajibkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk menjadi peralatan tambahan di kendaraan bermotor roda empat baru. Regulasi ini sejalan dengan banyaknya kasus kebakaran pada mobil yang terjadi sejak beberapa tahun belakangan, baik dalam keadaan parkir, mengisi bahan bakar, sampai ketika sedang melaju. 

Maka, diharapkan melalui Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor : KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor, dampak atas kebakaran mobil bisa ditekan.

Namun sayang, masih banyak orang yang awam dengan APAR, termasuk cara merawatnya. Padahal, APAR perlu dirawat agar sewaktu-waktu ingin digunakan, tetap dapat bekerja dengan maksimal.

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan APAR

Disarankan bagi pemilik mobil untuk mengecek kondisi fisik APAR secara langsung. Jangan sampai terdapat kebocoran. APAR yang mengalami kebocoran dapat terlihat dengan menurunnya jarum indikator tekanan udara (pressure gauge) yang terdapat pada bagian atas tabung APAR.

Baca juga : Mobil Terbakar Saat Isi Bahan Bakar, Inilah Penyebabnya

APAR juga memiliki masa kedaluwarsa dan perlu diganti isinya. Idealnya satu tahun sekali diisi ulang. APAR juga bisa bertahan hingga tiga tahun jika disimpan di tempat yang kering.

Merawat APAR Ternyata Cukup Mudah

Untuk penyimpanannya, sebaiknya APAR disimpan di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. APAR bisa disimpan di bawah jok depan atau di bagasi belakang.

Selain mengecek masa kedaluwarsanya, sebaiknya kocok tabung APAR setidaknya tiga hari sekali. Tujuannya agar isi cairan di dalam APAR tidak mengeras.

Kalau kamu berniat membeli mobil baru yang sudah dilengkapi dengan APAR, jangan lupa untuk menjual mobil lama di mobil88 saja. Tak perlu repot pasang iklan di marketplace, karena di mobil88 prosesnya lebih cepat lho!

Khususnya di saat pandemi seperti sekarang ini, jika ingin menjual mobil lama maka kamu cukup mengisi formulir yang ada disini, atau kamu juga bisa menggunakan fitur Live Chat yang ada di mobil88 e-store baik melalui website www.mobil88.astra.co.id ataupun aplikasi yang bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store. Kamu tidak perlu datang ke lokasi mobil88, nanti tim dari mobil88 yang akan datang untuk melakukan inspeksi kendaraan.

Menjual mobil di mobil88 juga akan mendapat harga yang fair, karena team appraisal professional mobil88 akan melakukan inspeksi dan memberikan penawaran harga dengan nilai yang sesuai kondisi kendaraan kamu.

Paling penting adalah, jika terjadi kesepakatan maka kamu bisa segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam.

Untuk lebih jelas tata cara dan keuntungan jual mobil bekas kamu di mobil88, langsung saja cek disini ya.

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan