×

blog/sering-minta-prioritas-di-jalan-ini-arti-plat-nomor-rfl-rfd-rfu-dan-rfp

Sering Minta Prioritas di Jalan, Ini Arti Plat Nomor RFL, RFD, RFU, dan RFP

30 Apr 2021

etika kamu mengemudikan mobil di jalan raya pasti pernah tiba-tiba bertemu dengan mobil yang menggunakan plat nomor berakhiran RFT, RFU, dan sejenisnya. Biasanya mereka meminta prioritas ketika jalan macet dengan menyalakan lampu rotator atau strobe.

Tapi tahukan kamu arti dari plat nomor tersebut? Paling utama, tidak bisa sembarang orang punya pat nomor seperti itu, karena harus mendapat surat rekomendasi dari badan yang menaungi dan kemudian dikirimkan ke SAMSAT.

 

Plat Khusus Untuk Pejabat

Plat nomor kendaraan tersebut dikhususkan untuk kendaraan dinas pejabat berwenang dan penggunaanya bukan untuk warga sipil. Plat berkode khusus ini hanya memiliki masa aktif selama setahun, dan diawali dengan angka 1 atau 2 dan terdiri dari 4 digit.

 

Baca juga : Jangan Panik! Begini Cara Mengurus STNK Hilang

 

Nomor kendaraan dengan kode khusus ini dapat pula dipesan secara pribadi di luar jatah kendaraan dinas dengan syarat harus bekerja di badan yang bersangkutan.

 

Arti dan Pemilik Plat Nomor Tersebut

Dari masing-masing huruf di belakang angka, pada plat nomor sakti ini punya kepanjangan dan peruntukannya masing-masing, seperti misalnya ; 

  • RFS = Reformasi Sekretariat Negara (untuk kendaraan pejabat sipil). Kode RFS ini diperuntukkan bagi pejabat esolon 1 atau setingkat Dirjen di kementerian.
  • RFO, RFH dan RFQ diperuntukkan bagi pejabat eselon 2 atau setingkat direktur di kementerian.
  • RFP = Reformasi Polisi (untuk kendaraan pejabat/petugas kepolisian).
  • RFD = Reformasi Darat (untuk kendaraan petinggi / keperluan angkatan darat).
  • RFL = Reformasi Laut (untuk kendaraan petinggi/keperluan angkatan laut).

Nah, jadi kamu sudah tahu kan apa arti dari plat nomor tersebut. Tapi perlu dicatat, bahwa plat nomor tersebut juga tidak bisa sembarang mendapatkan prioritas di jalan. Jika ingin mendapatkan haknya, tetap harus dikawal oleh polisi.

Bagaimana? Tertarik untuk menjadi pejabat berwenang agar dapat menggunakan Plat nomor tersebut? Daripada sibuk memikirkan untuk menjadi pejabat, mending beli mobil saja di mobil88.

Karena pada periode selama 30 April 2021 ini, mobil88 bagi-bagi THR (Tabur Hadiah Ramadhan), lho. 

Apa itu THR di mobil88? Nah, jadi untuk kamu yang membeli mobil bekas berkualitas di mobil88 bakal mendapat kesempatan memenangkan ragam hadiah, termasuk salah satunya hadiah langsung senilai Rp 3.000.000 untuk setiap pembelian mobil secara kredit. Dan khusus untuk transaksi trade-in atau tukar tambah, kamu juga akan dapat extra cashback hingga Rp3.000.000. 

Setiap mobil yang dibeli di mobil88 sudah dilengkapi dengan buyback guarantee yang menjamin mobil tidak pernah mengalami tabrakan yang merubah struktur rangka, odometer tidak putaran, mobil tidak pernah terendam banjir, serta nomor rangka dan mesin sesuai dengan dokumen-dokumen yang lengkap.

Yuk cari mobil yang diincar sekarang di mobil88 e-store, segera buat appointment atau kunjungi www.mobil88.astra.co.id 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan