×

blog/sering-terjadi-saat-kondisi-jalan-basah-apa-itu-aquaplaning-dan-cara-mengatasinya

Sering Terjadi Saat Kondisi Jalan Basah, Apa Itu Aquaplaning dan Cara Mengatasinya

25 Nov 2020

Saat memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, perlu kewaspadaan lebih saat berkendara. Pasalnya, risiko terjadinya kecelakaan juga meningkat lantaran permukaan jalan basah dan licin. Tahukah kamu kalau hal ini juga menjadi salah satu penyebab kecelakaan di musim hujan, dan sering disebut aquaplaning.

 

Apa itu Aquaplaning?

Aquaplaning atau disebut juga dengan hydroplaning adalah kondisi mobil kehilangan traksi (daya cengkeram) pada permukaan jalan disebabkan oleh genangan air.

Dalam kondisi aquaplaning, mobil seperti terangkat melayang atau mengambang, menyebabkan susah atau bahkan tidak bisa dikendalikan. Sering kali mobil yang terkena aquaplaning berujung pada kecelakaan.

Saat mobil kamu terkena aquaplaning, maka mobil akan meluncur lurus ke depan seperti kamu ketika terpeleset atau berjalan di atas lapisan es. Seperti kecelakaan yang viral belum lama ini yaitu sebuah SUV yang melintir di jalan tol karena menyalip dengan kecepatan tinggi dan terkena aquaplaning.

 

Apa yang Menyebabkan Aquaplaning Terjadi?

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ini terjadi, termasuk kecepatan dan kondisi ban. Jadi jangan menganggap remeh kecepatan mobil saat hujan dan kondisi jalan licin. Hal ini sering kita sepelekan, contohnya saat hujan tidak deras, namun kita tetap memacu laju mobil dengan cepat. Padahal setipis apa pun air pada permukaan jalan, selama ia memisahkan tapak ban dengan jalan tetap bisa menyebabkan aquaplaning. Makanya sudah jadi keharusan mengurangi kecepatan saat hujan atau bertemu jalan basah.

 

Baca juga : Mengemudi Aman di Jalan Tol Saat Hujan

 

Lantas bagaimana jika kamu harus berhadapan dengan aquaplanning? Berikut tahapannya: 

Hal Pertama yang Harus Kamu Lakukan Adalah Jangan Panik

Ketika tiba-tiba menerjang genangan air sebaiknya tidak langsung panik, agar bisa melakukan upaya menghindar atau mengurangi kecepatan. Usahakan juga untuk tidak melakukan manuver mendadak, karena ban bisa kehilangan traksi seketika karena manuver itu dan mobil meluncur seperti di atas lapisan es. 

 

Hindari Menekan Pedal Rem atau Pedal Gas Secara Spontan

Ketika terkena aquaplaning, jangan menginjak rem secara mendadak dan juga menambah pedal gas. Pengereman mendadak justru membuat ban mobil semakin kehilangan daya cengkeram. Biarkan saja mobil menerjang air sampai ban mobil kembali menapak di jalanan dengan sendirinya.

 

Ikuti arah kemudi sesuai dengan pergerakan mobil

Ketika menghadapi aquaplanning jangan melakukan manuver mendadak seperti pindah jalur yang justru akan memperburuk keadaan karena mobil lebih sulit dikendalikan. Cukup angkat kaki dari pedal gas dan pegang kemudi lurus agar mobil tetap mengarah ke depan. Biarkan kecepatan mobil berkurang secara perlahan dan ban berusaha mendapatkan kembali daya cengkeram ke jalan. 

Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu kamu agar menjadi semakin handal saat menghadapi jalanan basah dan licin, ya. Ingat, selalu waspada saat berkendara di kondisi jalanan licin karena musim penghujan seperti sekarang ini ya.

 

Baca juga : Cara Merawat Mobil Kesayangan di Musim Hujan

 

Nah, jika kamu sudah bosan dengan mobil lamamu yang bannya sudah beberapa kali kehilangan traksi saat mengaspal dan ingin menggantinya, kamu bisa coba nih jual mobil lamamu di mobil88. Ya, di mobil88 kamu tidak hanya bisa beli mobil bekas saja lho, tapi kamu juga bisa menjual mobil lamamu dengan cepat.

Kamu tidak perlu repot-repot menjual di banyak marketplace dan pastinya butuh waktu lama untuk mencari pembelinya. Di mobil88, kamu cukup isi formulir yang ada di halaman ini: https://www.mobil88.astra.co.id/jual-mobil , caranya mudah dan prosesnya juga tidak berbelit-belit. 

Selanjutnya, tim mobil88 akan menghubungi kamu untuk melanjutkan ke proses menaksir secara langsung. Jika terjadi kesepakatan, proses transaksi dilakukan langsung di cabang terdekat atau di rumahmu. Setelah deal kamu pun akan segera menerima uang dalam bentuk transfer dalam waktu yang 1x24 jam. Semua proses ini kamu juga tidak akan dikenakan biaya perantara atau komisi apapun kepada siapapun termasuk staf mobil88. Untuk informasi lebih lanjut hubungi 0804-1-000088.

 Untuk lebih detil bagaimana cara jual mobil dengan cepat di mobil88 bisa langsung cek di artikel ini “

Jual Mobil Cepat & Aman Hubungi mobil88 Sekarang! Cukup #DariRumahAja

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan