×

blog/setir-mobil-ternyata-lebih-jorok-dari-pispot-toilet-ini-faktanya

Setir Mobil Ternyata Lebih Jorok Dari Pispot Toilet, Ini Faktanya!

21 Sep 2020

Pernahkah kamu menyadari jika kondisi mobil yang tidak pernah dibersihkan akan lebih jorok dari kondisi toilet? Kaget kan, ternyata ini benar adanya lho! Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Queen Mary University di London Inggris, mengungkapkan jika setir atau roda kemudi mobil ternyata sembilan kali lebih kotor ketimbang pispot di toilet umum.

Studi ini menemukan bahwa ada 700 bakteri hidup di setiap inci dari setir mobil kamu. Jumlah bakteri ini jauh lebih banyak ketimbang yang ada di pispot toliet, yaknu hanya 80 bakteri.

 

Fakta yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Salah satu bakteri yang hidup di setir dan di seluruh bagian interior mobil adalah "bacillus cereus". Bakteri yang ditemukan dalam pasta, kentang, dan nasi ini dapat menyebabkan keracunan makanan. 

Menurut Direktur ilmu biomedis Queen Mary University, Ron Cutler, mengungkapkan jika sebagian besar bakteri memang tidak menyebabkan masalah kesehatan. Tetapi, di beberapa mobil ditemukan bakteri yang menjadi rumah bagi sejumlah spesies bakteri yang berpotensi berbahaya.

"Kebanyakan orang membersihkan rumah mereka. Tetapi banyak orang lalai membersihkan mobil mereka dan mereka seperti mengemudi dengan kendaraan dengan kondisi mirip tempat sampah," jelas Dr Cutler dilansir dari Auto Evolution.

 

Baca juga : 7 Tips Bersihkan Jok Mobil Berbeda Bahan

 

Penyebab Banyaknya Bakteri Pada Setir Mobil

Penyebab utama dari banyaknya bakteri di setir mobil ini adalah sebagian besar pengemudi kerap makan di mobil secara teratur. Dari hasil penelitian ini tercatat 42% pengemudi makan di dalam mobil, dan hanya sepertiga dari mereka membersihkan interior mobil mereka setahun sekali.

Bahkan di Inggris, sekitar 10% pengemudi mobil mengakui bahwa mereka tidak pernah membersihkan bagian dalam kendaraan mereka.

Para peneliti ini juga mengungkapkan fakta jika ruang paling kotor di dalam mobil adalah bagasi, yang merupakan rumah dari 1.000 bakteri di setiap setengah inci lapisan di bagasi mobil. 

Kalau kamu tidak mau mobil kamu menjadi tempat yang sempurna bagi kuman untuk berkembang biak, makanya hindari makan di dalam mobil. Apalagi sampai meninggalkan sampah atau makanan yang belum dimakan. 

 

Baca juga : Cara Membersihkan Plafon Mobil

 

Jika kamu memang sering makan di dalam mobil, sebaiknya selalu membersihkan kabin mobilmu secara teratur agar tidak ada bakteri yang berbahaya bagi kamu dan juga penumpang di mobilmu. 

Tapi jika kamu sudah mulai bosan untuk membersihkan mobil lama kamu, langsung saja ganti dengan mobil lain di mobil88. Kalau beli mobil bekas di mobil88 kamu bisa konsultasikan dulu nih segala persoalan kamu. Mulai dari memilih mobil yang tepat, sampai ke cara pembayaran yang pas untuk kamu. Tapi di tengah pandemic Covid-19 seperti sekarang ini tentunya repot jika harus datang ke showroom mobil88 ya. 

Jangan khawatir, sekarang ini mobil88 sudah menerapkan sistem online yang dapat semakin memudahkan konsumen dalam memilih mobil. Melalui mobil88 e-store, kamu bisa bertanya seputar mobil dengan ahlinya melalui fitur Live Chat. 

Apapun hal yang ingin kamu tanyakan, seperti memilih mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan, mobil mana yang unitnya paling baru, atau bagaimana proses pembayaran di mobil88, semua ini bisa kamu tanyakan langsung melalui Live Chat ini. 

Untuk informasi selengkapnya mengenai fitur Live Chat, silahkan kunjungi artikel berikut : Bingung Milih Mobil? Gunakan Fitur Live Chat di mobil88 e-store Untuk Konsultasi Langsung dengan Ahlinya.

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan