/blog/standar-tengah-pada-sepeda-motor

Standar Tengah pada Sepeda Motor

Center Stand alias standar tengah memang selalu ada di motor Honda dari jenis matic, bebek, hingga yang tipe sport naked.

Pengecualiannya di motor Sport Full Fairing macam CBR250R. Nggak ada standar tengah sebab mengedepankan aerodinamika. Kolongnya motor sport kan sudah tertutup fairing.

Ada beberapa kelebihan dalam menggunakan standar tengah. Yang pertama tentunya motor lebih stabil saat diparkir.

Lalu, kalau tempat parkirnya agak nanjak atau menurun, penggunaan standar tengah bisa jadi pilihan.
Berikut ini beberapa cara menggunakan standar tengah :

Pertama, posisikan badan di sisi kiri motor. Tangan kiri memegang setang sebelah kiri, lalu posisikan tangan kanan di bagian behel belakang motor.

Kedua, turunkan standar tengah dengan menginjak bagian besi yang memanjang hingga menyentuh tanah. Nah pastikan tanahnya padat.

Ketiga, ini dia nih tahap yang bikin orang-orang malas pakai standar tengah. Yaitu setelah standar menyentuh tanah, gunakan momentum dari badan buat mengangkat bodi motor. Caranya, miringkan sedikit badan ke arah belakang sembari tangan kanan menarik bobot motor.

Kalo menggunakan hanya tenaga sih memang masih mudah untuk motor kecil seperti BeAT atau Vario. Sensasinya pasti beda kalau menaikkan standar Honda Tiger.

Standar tengah bukan sekedar besi yang menyangga motor. Tapi standar tengah juga merupakan komponen penting dalam motor Honda.

Source : welovehonda.com
Picture : motorcycle-usa.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan