blog/tak-semua-mobil-bekas-terpengaruh-pembatasan-kendaraan-lebih-10-tahun

Tak Semua Mobil Bekas Terpengaruh Pembatasan Kendaraan Lebih 10 Tahun

09 Sep 2019

Selain kebijakan ganjil-genap yang diperluas di beberapa ruas jalan Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya kebijakan lain, dimana beliau ingin mobil-mobil pribadi maupun kendaraan umum yang berusia lebih dari 10  tahun tak lagi dioperasikan pada 2025 mendatang. 

Hal ini dilakukan Anies melalui Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Sebelum waktu yang ditentukan, Anies meminta agar memperketat ketentuan uji emisi bagi seluruh kendaraan mulai tahun ini.

Wacana soal pembatasan mobil usia lebih dari 10 tahun ini nyatanya menimbulkan polemik dan berbagai pro dan kontra dari berbagai kalangan. 

Mereka yang pro beranggapan, bahwa mengurangi populasi mobil lama, bisa mengurangi polusi udara, karena mobil lama belum menerapkan teknologi canggih soal emisi gas buang. Akan tetapi di sisi lain, tak sedikit masyarakat yang notabenenya justru menyukai mobil-mobil lawas, bahkan usianya lebih dari 10 tahun.

Sementara itu, banyak juga yang beranggapan bahwa dengan dibatasinya mobil dengan usia di atas 10 tahun maka penjualan mobil bekas akan meredup. Hal ini karena konsumen akan jarang mencari mobil bekas, dengan alasan jika membeli mobil bekas maka waktu penggunaanya di Jakarta akan sebentar.

Meski begitu, bagi penjual mobil bekas sendiri adanya wacana larangan mobil usia lebih dari 10 tahun dilarang melintasi jalanan Jakarta tidak terlalu diambil pusing. Tak terkecuali perusahaan mobil bekas mobil88. Pasalnya wacana ini tak hanya di Jakarta saja, tetapi di wilayah non Jakarta pasar mobil bekas masih bergairah.

Akan tetapi, konsumen memang perlu pandai-pandai memilih mobil bekas. Bahkan mobil88 sendiri nyatanya punya pemikiran tersendiri soal batas usia pakai mobil. Ya, batas usia pakai mobil memang diperlukan sebagai acuan terkait dengan ketersediaan komponen, teknologi mesin mobil, dan fitur yang ada pada mobil.

Masalahnya membeli mobil bekas bukan sekadar harus lebih murah, akan tetapi tetap mesti berkualitas dengan kondisi layak pakai dan komponennya mudah dicari. 

Sementara peran teknologi juga penting karena bisa bersinggungan dengan standar emisi. Pasalnya mobil dengan tahun produksi lima tahun ke belakang sudah memiliki perbaikan teknologi sehingga emisinya relatif rendah dibanding mobil keluaran lima tahun ke atas.

Mobil di atas lima tahun sudah mulai menua. Karena itu, tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kondisinya.

Oh iya, beli mobil itu kaya nyari jodoh, cocok cocokan. Apalagi kalau beli mobil bekas, banyak faktor yang perlu diperhatikan selain kondisi mobil. Salah satunya adalah pastikan di mana beli dan siapa penjualnya, penting banget lho ini. Beli mobil bekas harus di tempat yang jelas karena kamu harus dapetin kenyamanan, keamanan dan kepastian.

Nah, di mobil88 khusus pembelian via e-store baik melalui website maupun aplikasi kamu bisa dapetin benefit 3 Days Drive & Switch! 

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan