blog/tips-beli-mobil-hatchback-murah-meriah-berkualitas-di-indonesia

Tips Beli Mobil Hatchback Murah Meriah Berkualitas di Indonesia

02 Sep 2019

Mobil dengan kapasitas tujuh penumpang memang sangat populer di Indonesia. Akan tetapi, sejumlah pabrikan otomotif yang di Tanah Air juga memiliki jenis mobil lain yang tak kalah dilirik konsumen.

Ya, mobil tersebut adalah berjenis hatchback. Di Indonesia, mobil jenis ini banyak modelnya. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan bermotor Indonesia, mobil yang masuk golongan hatchback yaitu Honda Jazz, Honda Civic Type R, Toyota Yaris, Suzuki Baleno, Suzuki Swift, Mazda2, Mazda3, Nissan Livina X-Gear, Hyundai Avega, Hyundai i20, Hyundai Getz, Proton Gen2, Chevrolet Aveo, Peugeot 206/207, Kia Rio, VW Golf, sampai MINI Countryman.

Nyatanya, mobil jenis ini banyak dilirik kaum millennial atau keluarga muda. Selain itu, masih banyak lagi alasan lainnya kenapa mobil hatchback banyak diminati, antara lain:

Pertama, pada dasarnya jenis mobil hatchback tak jauh berbeda dengan mobil-mobil sedan. Namun mobil ini tak memiliki buntut sehingga dimensinya lebih pendek.

Kedua, karena desain tanpa buntut ini, harga mobil hatchback pajaknya lebih rendah dibandingkan jenis sedan. Karena itu harganya bisa lebih murah jika dibandingkan dengan sedan.

Ketiga, karena tak ada buntut, maka mobil jenis hatchback ketika parkir jadi lebih mudah. Selain itu, tidak menghabiskan tempat parkir.

Keempat, jika menggunakan mobil hatchback tak sedikit yang beranggapan menjadi lebih muda. Maklum, jenis mobil ini memang banyak disukai anak muda.

Kelima, desain mobil hatchback juga dianggap sporty. Bahkan mobil ini juga dianggap mudah untuk dimodifikasi.

Keenam, mobil hatchback banyak dianggap irit bahan bakar. Hal ini karena mesin yang dibenamkan berkapasitas 1.0 liter sampai 1.5 liter.

Nah, jika Anda ingin membeli mobil hatchback, maka ada beberapa hal yang perlu pertimbangkan.

1. Karena mobil ini tergolong lebih kecil dari hatchback, pastikan penumpang yan dibawa atau Anda memiliki hanya 4-5 anggota keluarga. Jika lebih dari itu, maka kabin akan jadi terasa kecil.
Hal ini pula ketika bepergian, tentunya akan berdesakan, lantaran selain orang ada juga barang bawaan lainnya.

2. Perlu dicatat, mobil dengan mesin berkapasitas kecil memang tergolong lebih irit. Sebaliknya jika menggunakan mesin berkapasitas besar tenaga lebih besar pula, namun kerap dianggap lebih boros dalam hal bahan bakar.
Tentu saja, untuk membeli mobil jenis ini Anda juga perlu cari tau berapa konsumsi bahan bakarnya.

3. Pastikan dilengkapi banyak fitur. Seperti mobil-mobil terbaru, carilah mobil hatchback dengan fitur lebih lengkap dan juga modern sesuai yang diinginkan.
Tapi yang perlu dicatat, mobil juga harus memiliki fitur keamanan dan juga keselamatan. Termasuk adanya pengereman Anti Lock Braking System (ABS).

4. Pastikan mobil nyaman. Nyaman disini cukup umum, mulai dari suspensi, kekedapan suara, sampai sistem hiburan yang dibenamkan pada mobil tersebut. Karena itu ada baiknya mencari referensi, baik dari teman, saudara atau media.

Jika Anda ingin memiliki mobil hatchback dengan harga lebih terjangkau, jangan malu apabila harus memilih berstatus bekas. Pasalnya, walau sudah tangan kedua, banyak lho mobil hatchback tergolong mulus, seperti halnya di mobil88.

Menariknya, perusahaan jual beli mobil bekas ini juga bisa Anda lakukan pengecekan hanya melalui smartphone dan masuk ke situs www.mobil88.astra.co.id atau bisa juga melalui aplikasi yang sudah tersedia di playstore dan app store.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan