/blog/tips-menyewa-mobil-untuk-mudik

Tips Menyewa Mobil Untuk Mudik

24 Mei 2019

Tak terasa sebentar lagi lebaran akan tiba. Acara mudik barangkali sudah mulai Anda persiapkan. Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi mungkin tak perlu pusing memikirkan soal transportasi yang akan membawa Anda ke kampung halaman. Namun bagi yang tidak, menyewa kendaraan barangkali bisa dipertimbangkan. Berikut adalah tips seputar seluk-beluk persewaan mobil (rent-car) agar perjalanan mudik Anda aman, nyaman, serta hemat biaya.

1. Cari informasi dari internet

Dalam transaksi jual-beli barang atau jasa, biasanya Anda akan menemukan harga terbaik di internet. Selain menghemat waktu dan tenaga, banyak agen persewaan yang menawarkan diskon khusus bagi yang menyewa secara online. Harga mungkin berbeda antara agen yang satu dan lainnya, tergantung pada ketersediaan kendaraan, lokasi, dan faktor lainnya. Pertimbangkan juga jam operasionalnya. Beberapa agen mungkin akan menutup transaksi pemesanan jauh sebelum libur panjang tiba.

2. Hitung biaya dengan cermat.

Harga sewa yang tertera di website barangkali terlihat murah. Namun Anda tetap perlu waspada jika ternyata saat Anda bertransaksi dikenakan biaya tambahan yang jatuhnya jadi jauh lebih mahal. Perhatikan biaya pajak dan biaya ekstra lainnya. Tanyakan juga biaya untuk bahan bakar, biaya supir (apabila diperlukan), dan apakah ada diskon atau promosi.

3. Sewalah mobil yang ekonomis.

Jika tak benar-benar membutuhkan mobil berukuran besar, sebaiknya pilih mobil berukuran kecil. Perusahaan persewaan seringkali kehabisan persediaan mobil bertipe ekonomis karena tipe itulah yang paling populer. Dengan demikian Anda akan diarahkan untuk menyewa tipe yang lebih besar dan tentu saja harga sewanya lebih mahal. Namun bertahanlah mencari yang berharga ekonomis.

4. Tanyakan batas terjauh Anda boleh membawa mobil

Pastikan bahwa Anda diperbolehkan membawa mobil hingga jarak tertentu sebelum Anda menyepakati perjanjiaan sewa. Beberapa agen persewaan mobil biasanya akan mengenakan biaya tambahan jika Anda membawa mobil hingga jarak tertentu (biasanya jika sekaligus menyewa sopir). Jadi sebaiknya tanyakan sebelum tagihan Anda nanti membengkak.

5. Asuransi

Agen persewaan seringkali meminta tambahan biaya untuk asuransi jiwa kalau-kalau terjadi kecelakaan. Jika Anda sudah memiliki asuransi jiwa pribadi maupun asuransi pada kartu kredit, sudah pasti tak perlu menyanggupi permintaan itu. Namun jika yang dimaksud adalah jaminan asuransi kalau-kalau terjadi kerusakan pada mobil yang Anda sewa, maka tak ada salahnya dipertimbangkan.

6. Jangan membayar biaya bahan bakar di awal perjanjian.

Lebih baik Anda sendiri yang membeli bahan bakar. Namun jangan lupa untuk mengisinya lagi sebelum mengembalikan mobil -sebanyak bahan bakar yang Anda terima di awal menyewa. Karena jika tidak, Anda akan dikenakan harga yang lebih tinggi dari harga pasar.

7. Kembalikan tepat waktu.

Karena jika tidak, pemilik mobil akan mengenakan biaya sejumlah sewa sehari penuh, bahkan bisa jadi lebih tinggi dari sebelumnya. Jika Anda terlambat mengembalikan mobil, segera hubungi agen dan jelaskan situasi Anda. Namun jika Anda justru mengembalikan lebih awal, tanyakan apakah uang Anda bisa dikembalikan sesuai jumlah hari dimana mobil tak jadi dipakai.

8. Hindari menyewa mobil dari bandara.

Karena biasanya Anda akan dikenakan biaya tambahan seperti airport surcharges , drop-off fee, atau pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah. Maka lebih baik menyewa mobil dari agen yang berlokasi di luar bandara untuk menghemat biaya.

9. Bawalah kursi bayi sendiri.

Agen persewaan mobil biasanya akan mengenakan tambahan biaya untuk kursi bayi yang dipinjam darinya. Untuk itu jika Anda akan bepergian dengan bayi, sebaiknya bawalah kursi bayi Anda sendiri agar hemat biaya.

(DYN)

Picture Source : d33y93cfm0wb4z.cloudfront.net ; babycaretodays.net ;.buyacar.co.uk ; lemonsquad.com

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan