×

blog/tips-merawat-mobil-pribadi-darirumahaja

Tips Merawat Mobil Pribadi #DariRumahAja

07 Okt 2020

Dewasa ini, memiliki mobil tentu sudah jadi kebutuhan primer dimana mobil bukanlah menjadi barang mewah lagi melainkan sudah jamak dipakai semua orang untuk berbagai kebutuhan. Hal ini ditambah dengan adanya pandemi COVID 19 yang membuat berpergian dengan kendaraan umum terasa kurang aman.

Memiliki mobil pribadi tentu terasa praktis karena bisa berpergian kemana saja bersama keluarga dengan mudah. Namun mobil yang merupakan benda bergerak tentu membutuhkan perawatan. Di masa COVID 19 ini merawat mobil mempunyai tantangan tersendiri karena biasanya bengkel memiliki jam operasional yang terbatas dan peraturan PSBB yang membatasi orang yang berada di dalam bengkel. Nah, oleh karena itu, tahukah tamu ternyata merawat mobil juga bisa dilakukan dari rumah lho! Mau tau apa saja tips merawat mobil #DariRumahAja? Yuk simak tips berikut!

 

Cek Fluida Mobil

Fluida atau cairan cairan mobil merupakan hal pertama yang harus dicek karena tanpa adanya fluida tersebut mobil tidak bisa berjalan dengan sempurna. Ada 3 Jenis fluida yang harus kamu perhatikan yaitu Air Radiator, Minyak Rem dan Air Radiator. Tiga jenis fluida ini memiliki tabung reservoirnya sendiri. Pastikan level fluidanya selalu dilevel MAX.

Khusus untuk air radiator dan minyak rem, dua fluida ini seharusnya tidak pernah berkurang. Apabila kamu menemukan kedua fluida ini berkurang atau bahkan berada di level MIN segera cek kebocoran dibagian bawah mobil. Air radiator biasanya berwarna hijau atau merah dan minyak rem biasanya berwarna bening atau kemerahan. Apabila menemukan kebocoran segera hubungi teknisi bengkel untuk memperbaiki mobil langsung dirumahmu.

 

Cek Oli Mesin dan Transmisi

Oli mesin dan transmisi adalah jantung dari mobil. Tanpa dua oli ini tentu saja mobil tidak dapat berjalan. Untuk mengecek oli mesin pastikan mobil kamu dalam kondisi dingin / belum dinyalakan dalam waktu yang lama, lalu temukan dipstick oli mesin yang sesuai dengan instruksi buku manual. Pastikan olinya masih ada di level max atau ¾ max. Apabila kurang dari itu, cek apabila ada kebocoran oli mesin di bagian bawah mobil yang biasanya berwarna coklat gelap atau hitam.

Selanjutnya adalah mengecek oli transmisi. Metode mengecek oli transmisi ini hanya berlaku untuk transmisi otomatis. Berbeda dengan oli mesin, oli transmisi ini cara mengeceknya harus dalam keadaan mesin panas. Posisikan transmisi di posisi P R N D lalu kembalikan ke posisi N secara berkala agar oli bersirkulasi lalu cek dipstick oli transmisi sesuai didalam buku manual. Pastikan kondisinya di level MAX atau ¾ max. Periksa kebocoran dibawah mobil apabila levelnya dibawah itu. Oli transmisi biasanya berwarna merah.

 

Dongkrak Mobil Apabila Tidak Dipakai Lama

Pandemi COVID 19 tentu mengharuskan kita untuk banyak tinggal #DirumahAja. Oleh karena itu apabila kamu memiliki mobil yang sudah lama tidak dipakai, ada baiknya untuk mendongkraknya hingga posisi tergantung  / ban tidak menempel di tanah.

Mendongkrak mobil ini membantu ban mobil supaya tidak berubah strukturnya karena terus menerus tertekan beban mobil dalam keadaan diam. Selain itu ini juga membuat sokbreker dan karet karet suspensi menjadi awet karena tidak terus menerus tertekan beban kendaraan.

 

Charge Aki Sebulan Sekali

Apabila mobil kamu jarang dipakai. Pastikan kamu selalu charging akinya sebulan sekali untuk menghindari drama mobil mogok ditengah jalan karena akinya soak. Selalu gunakan charge aki berkualitas bagus yang memiliki standar keamanan yang tinggi sehingga aki dan kelistrikan mobil kamu tetap awet terjaga.

 

Panaskan dan Jalankan Mobil Minimal Sekali Seminggu

Untuk menjaga kondisi mobil supaya tetap prima dan terhindar dari banyak kerusakan, sebaiknya mobil dipanaskan dan dijalankan minimal sekali seminggu. Hal ini berguna untuk menjaga sirkulasi oli agar tidak mengendap dan membuat karet karet roda mobil tetap elastis karena dipakai berjalan dan tidak didiamkan terus dalam waktu yang lama.

Nah, bagi kamu yang memiliki mobil lama yang sudah tidak dipakai, daripada diam saja di garasi mending kamu jual ke mobil88! Harga jual dijamin kompetitif dan proses jualnya pun cepat dan mudah tanpa harus waswas akan penipuan dan proses yang rumit. Yuk jual mobilmu di mobil88!

×

12 juta bawa pulang mobil? Chat kami sekarang!

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan