/blog/toyota-land-cruiser-tahun-1978-dibanderol-seharga-rp-770-juta

Toyota Land Cruiser Tahun 1978 Dibanderol Seharga Rp 770 Juta

Mobil seken pun bisa jadi investasi yang sangat menguntungkan. Nggak percaya ? Hal ini telah dibuktikan oleh para pecinta mobil produksi jadul ( jaman dulu ) termasuk pemilik 1978 Toyota Land Cruiser FJ40.

Toyota Land Cruiser FJ40 mulai dikembangkan pada awal tahun 1950-an dan terinspirasi dari Jeep Willys M38. FJ40 memiliki wheelbase ( jarak antar sumbu roda ) 90 inchi dan dikenal tangguh menerabas segala medan.

SUV berbanderol harga Rp 770 juta ini ( terjual pada tahun 2013 di RM Auctions ) disokong penggerak 4 roda ( AWD ), transmisi manual 4 kecepatan, sistem pengereman ( hydraulic ; di bagian depan dan drum brakes ; di bagian belakang ) serta mesin 6 silinder yang sanggup melepaskan tenaga 135 horse power.

Sekedar sharing knowledge, kita sering menemukan istilah horse power di bidang otomotif. Apa sebenarnya horse power itu ? Horse power tidak mentah-mentah berarti tenaga kuda saja, tapi ada makna yang lebih luas.


Horse Power

Istilah horse power yang pertama kali diperkenalkan oleh James Watt pada tahun 1736 bisa dideskripsikan seperti di bawah ini.

James Watt menetapkan teori bahwa 1 horse power adalah kemampuan seekor kuda untuk membawa beban ( berupa batubara ) berbobot 330 pounds ( sekitar 150 kilogram ) dengan jarak tempuh 100 feet ( sekitar 31 meter ) dalam waktu satu menit. Jika dikonversi ke satuan lain seperti watts ( listrik ), satu horse power dapat menghasilkan 746 watts ( listrik ).

 

( HDR-KopiNgopi )

 

Source : conceptcarz.com ; en.wikipedia

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan