blog/toyota-yaris-baru-meluncur-di-jepang-apa-hebatnya

Toyota Yaris Baru Meluncur di Jepang, Apa Hebatnya?

11 Nov 2019

Toyota Motor Corporation menampilkan generasi Yaris terbaru di Venus Fort Odaiba, Tokyo, Jepang. Mobil yang pertama kali dipasarkan pada 1999 ini disebut mengalami ubahan menyeluruh, termasuk mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Dengan menggunakan platform TNGA, hal itu berimbas pada dirombaknya rancang bangun semua komponen utama, mulai dari mesin, transmisi, suspensi, ruang kabin, dan lainnya.

Bahkan dilansir situs resmi Toyota, dengan platform TNGA, Yaris terbaru ini bobotnya lebih ringan 50 kilogram dari model sebelumnya, kemudian postur body lebih rendah 15 milimeter, namun torsinya lebih besar 30 persen.

Selain itu, Yaris generasi terbaru juga menawarkan berbagai kelebihan mulai dari kesenangan berkendara, efisiensi bahan bakar tertinggi, serta teknologi keamanan dan keselamatan tercanggih.

Yuk, kita ulas apa hebatnya Toyota Yaris terbaru?

Eksterior dan Interior

Secara garis besar, untuk desain bodi mengusung konsep "B-Dash!" Be bold, brisk, and beautiful (Berani, Cepat dan Cantik). Bahkan jika dilihat dari gambar siluet mengumpamakan mobil ini dapat berakselerasi lincah seperti peluru.

Secara kasat mata memang wajahnya berubah mulai dari bumper, gril, lampu LED serta Daytime Running Lights (DRL). Oh iya, tampilan wajah Yaris baru yang dipajang minim ornamen balutan cat chrom. Tapi, belum tahu nanti apakah ada versi dengan chrom atau tidak.

Untuk desain interiornya tak perlu diragukan lagi, karena versi terbaru ini diklaim lebih luas termasuk keberadaan panel instrumen yang simple dan juga lingkar kemudi dengan diameter lebih kecil.

Kabin mobil ini juga menghadirkan dual digital TFT (Toyota for the First Time). Kabin mobil juga dilengkapi head-up display (HUD) dan fitur Turn Tilt Seat yang memungkinkan kursi depan untuk berputar ke arah pintu dan membuat posisinya sedikit menunduk, sehingga memudahkan akses keluar atau masuk mobil bagi penumpang difabel.

Fitur Keren

Soal fitur-fitur pada Toyota Yaris baru juga sudah lengkap berkat hadirnya Toyota Safety Sense. Adapun paket lengkap dari Toyota Safety Sense antara lain Pre-Collision System, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Departure Alert, Automatic High Beam, Road Sign Assist (RSA), hingga Secondary Collision Brake.

Yang tak kalah menarik yaitu adanya fitur Advanced Park atau sama seperti parkir semi otomatis. Caranya mengoperasikannya juga cukup mudah, cukup dengan menekan tombol P di layar tengah.

Dengan fitur ini Yaris terbaru dapat parkir sendiri secara otomatis mulai dari setir, gas, dan rem bergerak sendiri. Sebaliknya, pengemudi cukup memindahkan tuas transmisi maju atau mundur sesuai instruksi. Fitur ini dapat beroperasi berkat keberadaan kamera dan sensor ultrasonik.

Mesin

Untuk jantung pacu, Toyota Yaris sedang menyematkan mesin Dynamic Force Engine dengan pilihan mesin 1.0 liter, 1.5 liter, dan juga mesin hybrid.

Pada mesin 1.0 liter sudah menggunakan penggerak roda depan dan transmisi Super CVT-i. Sedangkan mesin 1.5 liter ada pilihan penggerak roda depan dan empat roda yang dikawinkan dengan direct shift CVT dan juga pilihan transmisi manual enam percepatan.

Sedangkan untuk mesin hybrid yang yang dikombinasikan mesin bensin 1.5 liter dilengkapi sistem penggerak roda depan dan juga penggerak E-Four atau electric four wheel drive.

Untuk pemasarannya Toyota Yaris terbaru ini akan mulai dipasarkan di Jepang. Lantas bagaimana dengan Indonesia? belum ada kabar atau rencana. Karena pada dasarnya Yaris Jepang dan Indonesia memang berbeda.

Nah, jika Anda memang ingin memiliki mobil kompak dengan lima penumpang seperi Toyota Yaris ini, tidak ada salahnya untuk lihat model-model yang ada di mobil88. Bahkan meski disebut tangan kedua, mobil-mobil yang dipasarkan di mobil88 kondisinya masih tetap oke. 

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan