blog/wajib-tahu-ini-dia-tips-beli-mobil-bekas-berusia-di-atas-10-tahun

Wajib Tahu, Ini Dia Tips Beli Mobil Bekas Berusia Di Atas 10 Tahun

16 Nov 2020

Membeli mobil bekas memang terkadang menjadi pilihan masyarakat karena harganya yang lebih terjangkau, termasuk mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun. Tapi apakah mobil bekas di atas 10 tahun ini masih layak untuk digunakan sehari-hari? 

Jawabannya masih bisa, asal kamu benar-benar perhatikan beberapa hal ini saat membelinya. Jangan hanya terpatok pada harganya yang murah saja, kamu juga harus tahu kalau ternyata pilihan untuk mobil jenis ini masih sangat banyak di pasaran. 

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang wajib kamu ketahui kalau kamu ingin membeli mobil bekas yang berusia di atas 10 tahun, simak baik-baik.

Cek Kebocoran di Mesin

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kondisi mesin harus tetap kering, artinya tidak ada rembesan oli ataupun cairan di bagian mesin hingga ke bagian kolong. Jika kondisi mesin kering maka kamu tidak akan mengeluarkan biaya yang besar untuk perbaikan mesin.  

Dengarkan juga suara mesin, pastikan tidak ada suara kasar dari ruang mesin. Biasanya mobil dengan usia di atas 10 tahun dan tidak dirawat dengan baik akan memiliki suara mesin yang kasar. Perhatikan juga apakah ada getaran yang tidak wajar dari mesin, kalau iya tandanya kamu harus mengganti engine mounting-nya. 

Baca juga : Jangan Sepelekan Kebocoran Oli Mobil

Knalpot Tidak Mengeluarkan Asap Putih

Periksa ke bagian belakang, apakah keluar asap putih tipis dari lubang knalpot atau tidak. Jika ada asap putih, maka dipastikan kondisi mesin tidak baik dan biasanya harus turun mesin. Cek juga ujung knalpot mobil bagian dalam, kalau berwarna hitam kering berarti mobil memiliki masalah pembakaran yang tidak sempurna. Tapi kalau basah, biasanya pertanda ada oli mesin yang ikut terbakar.

Pastikan Suhu Mesin Normal

Jangan lupa untuk mengecek juga suhu atau temperatur mesin dari dalam kabin. Tunggu sampai beberapa saat hingga mesin panas dan pastikan indikator suhu mesin tidak lebih dari 3/4 atau bahkan mencapai huruf H.

Periksa kelistrikan dan Perangkat Elektronik

Kalau mesin sudah normal, maka periksa juga fungsi elektrikal di mobil, pastikan komponen elektrik tidak ada yang bermasalah. Cek apakah ada lampu peringatan di dashboard mobil ada yang menyala, seperti lampu check engine dan juga airbag. Mobil-mobil modern cenderung memiliki komponen elektrikal yang cukup banyak, dan jika ada yang bermasalah biasanya akan butuh biaya perbaikan cukup mahal. 

Baca juga : Cara Membersihkan Soket Kelistrikan pada Mobil

Lakukan Test Drive

Ini cara terakhir untuk membuktikan kalau mobil incaran kamu masih layak untuk dibeli. Biasanya mobil bekas dengan usia di atas 10 tahun akan memiliki masalah di kaki-kaki dan juga transmisinya. Untuk itu, melakukan test drive akan sangat diperlukan agar kamu tahu apakah ada bagian kaki-kaki yang mengeluarkan bunyi-bunyi tidak wajar.

Jangan lupa untuk mengetes transmisi mobil dengan seksama, termasuk mengetes di tanjakan dan juga melakukan akselerasi ringan. Perhatikan juga saat berbelok apakah ada suara-suara yang kurang enak di dengar atau tidak.

Supaya kamu tidak tertipu dengan bodi mobil yang mulus tapi padahal jeroannya parah, sudah saatnya kamu beli mobil bekas langsung ke mobil88. Belinya bisa langsung dari rumah kamu, lho. Cukup lewat website mobil88 e-store ataupun aplikasi yang bisa kamu download baik di Google PlayStore maupun Apple Appstore.

Caranya mudah, saat kamu telah memilih mobil yang kamu inginkan, kamu tinggal lakukan booking showing mobil via Live Chat baik melalui website atau aplikasi tersebut. 

Jangan khawatir untuk test drivenya, karena nanti akan ada tim mobil88 yang mengantar mobil pilihan kamu ke rumah tanpa biaya apapun. Sangat praktis, bukan? 

Baca juga : Beli Mobil Bisa Test Drive Dari Rumah, Ya Cuma di mobil88

Yuk, cek sekarang ada mobil apa saja di mobil88 e-store, kunjungi https://www.mobil88.astra.co.id/cari-mobil 

Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan