blog/waspada-modus-penipuan-jual-beli-mobil-seken-online

Waspada Modus Penipuan Jual-Beli Mobil Seken Online

05 Mar 2019

Gampangnya aktivitas jual beli online tidak membuat budaya yang serba mudah tersebut lantas memberikan rasa aman.

Sekalipun faktanya setengah lebih dari jumlah penduduk di Indonesia sudah terhubung ke internet berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), masih ada saja aksi penipuan dalam sistem jual beli online, termasuk saat membeli mobil seken.

Agustus lalu, Polres Metro Jakarta Selatan menangkap seorang pria berusia 34 tahun atas kasus penipuan bermodus penjualan mobil melalui situs jual beli online.

"Pelaku memasang mobil dengan harga murah, seperti contohnya (hatcback) tahun 2013 dengan harga Rp 105 juta," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Bismo Teguh Prakoso dikutip Kompas.com, Rabu (30/8/2017).

Pelaku meminta korban untuk mengirimkan uang tanda jadi Rp 5.000.000 dengan alasan bahwa alat transportasi yang diinginkan itu juga sedang ditawar oleh dealer.

Korban kemudian mentransfer Rp 5.000.000, dan pelaku kembali meminta Rp 10.000.000 sebagai tambahan. Karena curiga, korban kemudian membatalkan pembelian dan meminta uangnya dikembalikan. Namun, upaya itu sia-sia karena penjual lenyap begitu saja.

Dalam kasus penipuan semacam ini, korbannya pun tidak selalu pembeli, tetapi juga penjual. Salah satunya ramai dibahas dalam forum online Kaskus.

Modusnya adalah berpura-pura serius membeli mobil yang ditawarkan penjual, tetapi kemudian mengarahkannya untuk mendatangi ATM agar bisa dipengaruhi untuk mentransfer sejumlah uang.

Berkaca pada dua modus tersebut, maka pembeli juga penjual mobil seken perlu memilih tempat yang terpercaya. Memang datang ke gerai akan makan waktu karena melihat-lihat gambar mobil di halaman internet jelas lebih singkat.

Namun, singkat tetapi jadi korban penipuan, tentu kerugiannya tidak sebanding. Jangan sampai buru-buru beli dan malah jadi rugi seperti yang kami bahas dalam artikel “Waduh, Beli Mobil Seken Online Malah Kena Tipu”.

Di gerai mobil seken kami, mobil88, situs online tersedia dengan berbagai keterangan merek dan foto-foto. Mobil-mobil ini tersedia di berbagai tempat kami sehingga bisa disesuaikan dengan domisili pembeli. Coba saja cek di halaman website resmi kami

Kami punya 21 cabang di sembilan kota besar setelah 29 tahun eksis, yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Selain mobil-mobil bisa dilihat secara online, kami yang bernaung di bawah Serasi Autoraya dari grup Astra memberikan buyback gurantee dengan lima jaminan untuk setiap mobil yang ditawarkan.

Hal tersebut berarti bahwa mobil-mobil yang dibeli sudah dijamin bebas bekas kecelakaan yang bisa merusak sasis, bebas bekas banjir yang bisa merusak kelistrikan, aman secara dokumen, dan dijamin bahwa odometer tidak diputar seperti kebanyakan aksi tipu-tipu agar mobil terlihat muda.

Dengan cara kami ini, membeli mobil dengan situs online yang tersedia tetap berpegang pada kulturnya, yakni mudah, tetapi dengan jaminan tambahan aman dan nyaman.

Mau tau stragegi membeli mobil seken yang tidak bikin rugi? Cek artikel “Utak-Atik Strategi Deh, Biar Dapat Mobil Seken Yahud”.

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan