/blog/waspadai-penjual-mobil-bodong

Waspadai Penjual Mobil Bodong!

05 Mar 2019

Banyak pedagang yang jual mobil bekas tidak memikirkan bagaimana hak konsumen seharusnya. Alhasil, mobil bodong banyak laku di pasaran. Apalagi pedagang mobil bekas tidak menyertakan dokumen asli dan dengan pintar mengelabui pembeli.

Jual mobil bekas bodong dilakukan pedagang dengan lihai. Bahkan, pedagang menjual mobil bekas dengan kondisi kendaraan masih bagus dan terlihat layak pakai. Penjual mobil bodong merawat mobil yang diperdagangkan dengan seksama. Karena tampilan mobil yang rapi, tak terlihat sama sekali kalau yang dijual adalah mobil bodong.

Motif utama pedagang menjual mobil bodong adalah mendapat untung cepat. Sebenarnya, mobil bodong bukan mobil tidak layak jalan. Tapi, mobil bodong itu tak layak pakai. Mobil yang dijual tanpa kelengkapan dokumen atau mungkin STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) palsu.

Motif jual mobil bodong biasanya sebab mobil yang didagangkan tak memiliki dokumen. Bahkan, tak jarang disiasati dengan membuat dokumen kelengkapan kendaraan yang palsu.

Asal Muasal Mobil Bodong

Dari beberapa kegiatan jual mobil bodong, ada hal yang perlu diketahui terkait asal muasal kendaraan. Biasanya pedagang mobil bodong menampung mobil-mobil curian. Namun, ada juga dijual mobil yang putus kredit karena pemilik tak sanggup membayar cicilan.

Sesuai lansiran Merdeka.com, seorang penjual mobil bodong di Cianjur, Jawa Barat menerangkan, mobil yang dijualnya kebanyakan tanpa surat-surat. Diakui juga, belasan mobil bekas bodong berderet di lahan parkirnya. Perawatannya pun sungguh-sungguh agar bisa langsung dipakai oleh pembeli.

Bukan hanya merajalela di Cianjur, penjual mobil bodong tersebut di atas mengakui kalau bisnisnya sudah dikenal di wilayah Jawa Barat lainnya. Proses transaksi jual beli mobil bekas bodong ini juga mudah. Pedagang mengakui kalau ada uang, mobil bisa langsung dibawa.

Dengan begitu mudahnya jual mobil bodong, membuat kita yang jadi konsumen mobil bekas harus khawatir. Mobil yang gadai putus atau curian akan merugikan tidak hanya dari sisi administratif, tapi juga secara hukum.

Tujuan utama dari para penjual mobil bekas bodong adalah keinginan untuk cepat dapat hasil. Mengapa? Ya, karena proses transaksi jual mobil bodong tidak berbelit-belit. Pedagang bisa langsung menerima uang dari pembeli. Dan, pembeli bisa mendapatkan harga mobil dengan nominal di bawah rata-rata kendaraan dijual di showroom. (SSA)


Image Source: bridgehorizon.co.id

Live Chat
Bandingkan Mobil (0)

Berhasil ditambah 0 mobil

Masukan minimal 2 mobil atau maksimal 4 untuk membandingkan